BPTD IV siapkan bus untuk WNI asal Malaysia di Dumai Riau, begini penjelasannya

id BPTD IV,WNI pulang dari malaysia,lockdown malaysia,penanganan corona di riau,COVID-19,virus corona,gubernur riau,berita riau antara,berita riau terbar

BPTD IV siapkan bus untuk WNI asal Malaysia di Dumai Riau, begini penjelasannya

Petugas mengatur bus yang disediakan BPTD IV Riau-Kepri untuk mengangkut WNI yang pulang dari Malaysia melalui Pelabuhan Dumai, Riau, Rabu (22/4/2020). (ANTARA/HO-BPTD IV Riau-Kepri)

Pekanbaru (ANTARA) - Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IV Provinsi Riau-Kepri menyiapkan empat unit bus untuk memfasilitasi kepulangan WNI di Pelabuhan Pelindo I Dumai, yang baru pulang dari Malaysia akibat adanya karantina wilayah atau “lockdown” di negeri jiran itu.

"Informasi awal yang kami peroleh dari manifest penumpang, ada 164 orang WNI yang akan datang hari ini, ternyata ada 12 orang tujuan Sumbar tak jadi berangkat, total seluruhnya 163 orang,” kata Kasi LLAJ BPTD IV Riau-Kepri, Efrimon, dalam pernyataan pers yang diterima ANTARA di Pekanbaru, Rabu.

Sesuai dengan tugas yang diberikan Komando Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Riau, Unit Pelaksana Tenkis dari Ditjen Perhubungan Darat ini bertanggungjawab untuk memfasilitasi pemulangan WNI untuk tujuan luar Provinsi Riau.

"Sejauh ini kami mencatat ada sekitar 146 orang WNI yang akan kami pulangkan ke sejumlah provinsi, seperti Sumbar, Sumut, Jambi, Lampung dan Jawa Timur, untuk itu kami sudah siapkan empat unit bus," kata Efrimon.

Untuk memastikan kondisi kendaraan, sesuai dengan SOP Kementerian Perhubungan, petugas Penguji Kendaraan Bermotor (PKB) BPTD IV telang melaksanakan rampcheck terhadap semua kendaraan tersebut, dan dinyatakan siap.

Juga dijelaskan Efrimon, satu orang WNI tujuan Jombang, Jawa Timur akan difasilitasi dengan menggunakan angkutan udara melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

Rincian yang disampaikan, sebanyak 14 orang WNI tujuan Riau, 99 orang WNI menujuSumbar, 27 orang WNI menuju Sumut, 17 orang ke Jambi, duaorang ke Lampung dan satu orangJombang Jawa Timur.

Memang, setelah ditutup dalam beberapa waktu sejak Malaysia menetapkan “Lockdown”, akhirnya hari ini Pelabuhan Pelindo Dumai dibuka namun hanya untuk kepulangan WNI asal Negeri Jiran tersebut.

"Diperkirakan masih 3.000-an lagi WNI di Malaysia yang akan kembali ke Tanah Air, kami dari BPTD IV siap untuk melaksanakan tugas ini," kata Efrimon.

Sebelumnya, Gubernur Riau Syamsuar menyatakan ribuan WNI yang mayoritas pekerja migran akan pulang dari Malaysia melalui Riau. Syamsuar mengatakan setiap orang yang baru pulang akan diperiksa kesehatannya sesuai protokol kesehatan COVID-19.

“Mereka juga langsung ditetapkan sebagai orang dalam pemantauan, diharapkan ketika sudah pulang untuk karantina diri 14 hari,” ujarnya.

Sedangkan, bagi yang menunjukkan gejala terinfeksi virus corona akan langsung dirawat di rumah sakit rujukan COVID-19 di Riau.

Baca juga: Erza, Kartini Pekanbaru yang membuat belajar dari rumah lebih bermakna

Baca juga: PLN ULP Tembilahan tingkatkan pelayanan selama ramadhan

Baca juga: Kematian akibat COVID-19 di Prancis hampir capai 21.000 orang