Kesiapan PLN Pekanbaru Sambut PON 40 Persen

id kesiapan pln, pekanbaru sambut, pon 40 persen

Pekanbaru, 14/9 (ANTARA) - Kesiapan PT PLN (Persero) Cabang Pekanbaru, dalam menyambut Pekan Olah Raga Nasioanal (PON) XVIII 2012 di Provinsi Riau saat ini masih sekitar 40 persen.

Hal itu diungkapkan Manager PT PLN Cabang Pekanbaru, Ilham Santoso kepada ANTARA di Pekanbaru, Rabu.

Dia mengatakan, meski baru mencapai kesiapan 40 persen, pihaknya akan mampu menyamakan porsi kesiapan Pemerintan Daerah Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau yang saat ini sudah memasuki tahap standarisasi stadion dan 90 persen untuk total kesiapan fasilitas PON lainya.

"Saat ini intinya anggaran bersama antara pemerintah dengan PLN sudah terealisasi dalam penganggaran. Kami juga yakin kesiapan PON akan mencapai seratus persen sebelum penyelenggaraannya di 2012,"kata Ilham.

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya juga tengah fokus dalam satu pekerjaan di stadion nasional, salah satunya yakni pemasangan kabel dengan panjang yang mencapai 6,4 kilometer.

Pemasangan kabel tersebut menurut Ilham, untuk mentransfusi daya guna kebutuhan konsumsi strum stadion yang dimulai pembangunannya sejak tahun 2009 silam itu.

"Kabel tersebut langsung dihubungkan ke salah satu gardu induk kami yang berada di Garuda Sakti, Pekanbaru. Hal ini dilakukan karena daya yang dibutuhkan untuk stadion sangat besar," ujarnya.

Saat ini kata dia, PLN Cabang Pekanbaru juga tengah memasuki proses pelelangan beberapa proyek pengadaan barang yang antara lain yakni pengadaan kubikel atau alat penghubung yang dilengkapi dengan sarana proteksi.

Menurtu Ilham, secara umum dan mengingat kondisi saat ini, PLN Cabang Pekanbaru telah siap untuk menyambut perhelatan akbar olah raga nasional yang rencananya dilaksanakan tahun 2012 mendatang.

Saat ini beban atau daya yang tersalurkan dari beberapa pembangkit yang terhubung secara interkoneksi menurut Ilham juga masih sangat mencukupi kebutuhan konsumen umum dan fasilitas pemerintahan.

"Hanya saja saat ini masih banyak piutang para konsumen umum terutama pemerintah daerah setempat yang belum lunas. Kondisi ini setidaknya berdampak pada opreasional PLN dalam melayani konsumen lainnya,"katanya.

Namun kondisi ini kami usahakan tidak sampai berdampak pada PON XVIII 2012 yang akan dilaksanakan di Riau," demikian Ilham Santoso.