Pemkab Siak Persiapkan Pelantikan Bupati Terpilih

id pemkab siak, persiapkan pelantikan, bupati terpilih

Siak, Riau, 9/6 (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Adli Malik, menyatakan, persiapan pelantikan pasangan bupati dan wakil bupati Siak terpilih periode 2011-2016 sedang dilakukan dan dijadwalkan berlangsung pada 19 Juni 2011.

"Saat ini persiapan sedang kami lakukan dan pada hari Minggu, 19 Juni mendatang pasangan bupati terpilih akan dilantik," ujar Adli Malik di Perawang, Siak, Kamis.

Adli mengatakan, persiapan yang berlangsung di gedung DPRD Kabupaten Siak yang direncanakan bakal dihadiri sekitar 400 tamu undangan itu telah memasuki tahap pematangan dari hasil rapat yang telah digelar.

Acara pelantikan dilakukan Gubernur Riau HM Rusli Zainal mewakili Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi bertepatan dengan hari libur. Tidak ada perubahan tanggal pelantikan karena masa jabatan pasangan bupati/wakil bupati Siak saat ini yakni Arwin AS dan OK Fauzi Jamil berakhir pada tanggal 19 Juni 2011.

"Berdasarkan peraturan yang ada, maka tanggal pelantikan itu tidak boleh dimajukan ataupun dimundurkan. Jadi pelantikan bupati baru dilakukan bertepatan dengan berakhirnya masa jabatan bupati yang lama," jelasnya.

Dalam pilkada Kabupaten Siak yang diikuti empat pasangan calon dan digelar 7 April 2011, pasangan calon nomor urut 3 Syamsuar-Alfedri yang diusung koalisi Partai Golkar, PAN, PPP, PKB, PBB, PKS dan PDS terpilih sebagai bupati/wakil bupati.

Meski dua pasangan calon meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat mengulang pemungutan suara dengan alasan menemukan banyak kecurangan dan penggelembungan suara, namun saat diajukan ke persidangan Makamah Konstitusi menolak gugatan Pilkada Siak 2011.

Makamah Konstitusi berkesimpulan bahwa dari seluruh penilaian atas fakta dan hukum, tuduhan yang diajukan para penggugat tidak terbukti sehingga pasangan Syamsuar-Alfedri yang ditetapkan dalam pleno KPU Siak sebagai pasangan bupati/wakil bupati terpilih menjadi sah.