Brace Aubameyang bawa Arsenal salip Everton

id arsenal,everton,liga inggris,pierre emerick aubameyang,edward nketiah,richarlison,dominic calvert lewin

Brace Aubameyang bawa Arsenal salip Everton

Penyerang Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang merayakan golnya ke gawang Everton dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates, London, Inggris, Minggu (23/2/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Peter Cziborra)

Jakarta (ANTARA) - Pierre-Emerick Aubameyang mengemas dwigol yang bukan saja memenangkan Arsenal dengan skor 3-2 atas Everton dalam laga pekan ke-27 Liga Inggris di Stadion Emirates, London, Senin dini hari, tetapi juga menyalip tamunya itu di klasemen sementara.

Tambahan tiga poin membuat Arsenal kini mengoleksi 37 poin dan naik ke urutan kesembilan klasemen dengan melompati Everton (36) yang kini turun ke posisi ke-11.

Everton sebetulnya memulai pertandingan dengan cara terbaik yakni membuka keunggulan pada menit pertama ketika barisan pertahanan Arsenal gagal mengantisipasi tendangan bebas Gylfi Sigurdsson.

Dominic Calvert-Lewin bereaksi cepat menyambut bola di dalam kotak penalti Arsenal dengan tendangan akrobatik untuk memperdaya kiper Bernd Leno. Everton unggul 1-0 saat pertandingan belum genap berjalan semenit.

Gol itu seolah menjanjikan kemenangan tandang perdana Everton kontra Arsenal sejak Januari 1996 dan harapan itu membesar sebab mereka terus menekan tuan rumah bahkan hampir menggandakan keunggulan jika saja Alex Iwobi sukses menyelesaikan umpan Richarlison, tetapi tembakannya melenceng tipis di atas mistar gawang bekas timnya itu.

Keadaan tertinggal tampak kian memburuk bagi Arsenal sebab Sead Kolasinac harus menepi lebih awal karena cedera lengan dan digantikan oleh Bukayo Saka pada menit ke-18.

Namun, nasib Arsenal sesudah itu justru berubah sebab Saka mengirimkan sebuah umpan silang cantik ke dalam kotak penalti yang disambut tendangan voli Edward Nketiah demi menyamakan kedudukan pada menit ke-27.

Enam menit kemudian Arsenal berbalik memimpin 2-1 atas Everton saat umpan terobosan David Luiz bisa dikendalikan oleh Aubameyang sebelum diselesaikan dengan tembakan melengkung ke pojokan tiang jauh tak terjangkau kiper Jordan Pickford.

Kedua tim turun minum dalam kedudukan imbang 2-2 berkat gol Richarlison yang memanfaatkan situasi sepak pojok pada menit keempat injury time babak pertama.

Setelah gagal memulai babak pertama dengan baik, Arsenal sukses mengawali paruh kedua dengan cara sempurna untuk kembali mengungguli Everton 3-2 lewat gol kedua Aubameyang.

Babak kedua baru berjalan 23 detik ketika serangan pertama Arsenal diakhiri umpan silang Nicolas Pepe yang disambut tandukan Aubameyang untuk memaksa Pickford memungut bola dari dalam gawangnya lagi.

Everton hampir menyamakan kedudukan lagi pada menit ke-58, tetapi Calvert-Lewin yang meluncur gagal menjangkau umpan tarik Richarlison di muka gawang. Lantas pada menit ke-72, Leno jadi pahlawan untuk mementahkan peluang Calvert-Lewin dari jarak dekat.

Empat menit jelang bubaran waktu normal, Arsenal hampir membunuh pertandingan lebih awal jika saja tendangan melengkung Nketiah tak membentur mistar gawang.

Pun demikian, Arsenal tetap mengantungi tiga poin penuh sebab Everton tak mampu mengubah skor 3-2 hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Baca juga: Ada isu Aubameyang tak betah di Arsenal

Susunan pemain:

Arsenal (4-2-3-1): Bernd Leno; Hector Bellerin, Shkodran Mustafi, David Luiz, Sead Kolasinac (Bukayo Saka); Dani Ceballos (Lucas Torreira), Granit Xhaka; Nicolas Pepe, Mesut Ozil (Matteo Guendouzi), Pierre-Emerick Aubameyang; Eddie Nketiah

Pelatih: Mikel Arteta

Everton (4-2-3-1): Jordan Pickford; Djibril Sidibe, Yerry Mina, Mason Holgate, Leighton Baines; Fabian Delph (Moise Kean), Morgan Schneiderlin (Andre Gomes); Richarlison, Gylfi Sigurdsson, Alex Iwobi (Bernard); Dominic Calvert-Lewin

Pelatih: Carlo Ancelotti
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar