RSUD Dumai Layani Jampersal

id rsud dumai, layani jampersal

Dumai, 18/4 (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai, Riau, mulai melayani para ibu hamil dalam program jaminan persalinan (Jampersal), para ibu hamil diperiksa dan bersalin secara gratis.

Kepala RSUD Dumai, Faisal, kepada ANTARA di Dumai, Senin mengatakan program Jampersal mulai dijalankan sesuai dengan tuntutan dan peningkatan mutu kesehatan para ibu hamil di Dumai.

"Bagi siapa saja yang ingin melahirkan bisa datang di RSUD, akan dilayani secara gratis hingga selesai persalinan, walau sebenarnya sampai saat ini program Jampersal belum memiliki petunjuk teknis dan anggaran yang pasti," kata dia.

Pelayanan bersalin gratis yang diberikan menurut Faisal, adalah untuk menekan angka kematian ibu dan bayi saat melahirkan hingga mencapai zero kematian.

Menurut Faisal program Jampersal sangat penting mengingat tingginya angka kematian ibu dan bayi saat melahirkan akibat terlambat mendapatkan pertolongan medis dengan alasan biaya.

"Adanya Jampersal diharapkan program Millennium Development Goals (MDGs) 2015 di Dumai dapat berjalan sukses," katanya.

Dikesempatan terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, H Marjoko Santoso mengatakan Jampersal merupakan program pemerintah pusat, khusus Dumai telah disiapkan anggaran negara (APBN) sebesar Rp1,2 miliar.

Pelaksanaan program Jampersal akan dipertegas dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Kesehatan RI tentang Jaminan Persalinan.

"Guna pencairan dana pusat tersebut, telah membuka rekening khusus yang diharapkan program itu berlangsung sebagaimana mestinya di Kota Dumai," kata Marjoko.