369 polisi amankan eksekusi lahan pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai di Kandis

id eksekusi lahan, tol pekanbaru,berita siak

369 polisi amankan eksekusi lahan pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai di Kandis

Suasana eksekusi lahan pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai di Simpang Gelombang, Kandis, Siak. (ANTARA/HO-Polres Siak)

SIAK, (ANTARA) - Sebanyak 369 personel terdiri dari 269 anggota Kepolisian Resor Siak dan 100 anggota Brimob Kepolisian Daerah Riau mengamankan eksekusi lahanSeksi II Jalan Tol Pekanbaru-Dumai di Kilometer 62 Simpang Gelombang, Kelurahan Telaga Samsam, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak.

"Alhamdulillah delapan bidang sudah selesai dieksekusi dan tidak ada kendala apapun para pemilik juga secara sadar mengosongkan lahan," kata Kepala Polres Siak, AKBP F Doddy Sanjaya, Rabu.

Adapun jumlah luas lahan yang dilakukan eksekusi sebanyak delapan bidang adalah 6.982 meter persegi. Selain dari kepolisian, proses eksekusi juga didampingi masing-masing10 personel TNI dari Koramil Kandis dan SatpolPP Kandis.

Sedangkan eksekusi dilakukan oleh Pengadilan Negeri Siak yang diwakili

Ketua Panitera dan satu orang juru sita. Hadir juga masing-masing tiga orang dari Badan Pertanahan Nasional Siak danKementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR).

Eksekusi dikakukan dengan pembacaan penetapan PN Siak atas putusan yang dimenangkan Kemen PUPR terhadap delapan orang penggugat. Kemudian dengan menggunakan alat berat membersihkan tanaman di atas lahan tersebut.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan masih ada 13 titik yang akan diamankan pelaksanaan eksekusinya. Pihaknya mengakuterus melakukan komunikasi dengan pemilik lahan didampingi dengan PUPR dan TNI untuk memberikan pengertian.

"Kita berharap 13 lahan yang berikutnya ini bisa kooperatif dan bisa membatu kelancaran dalam pengosongan lahannya sesuai dengan ganti rugi yang sudah diberikan atau yang akan di berikan oleh pihak PUPR," ungkapnya.

Sebelumnya pada akhir tahun lalu juga dilaksanakan eksekusipembebasan lahan pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai di ruas Kembal di Jalan Limbek, Kampung Kandis Kecamatan Kandis. Sempat terjadi protes setelah beberapa lama bermasalah terkait ganti rugi.

Baca juga: Eksekusi lahan Tol Pekanbaru-Dumai di Kandis, polisi klaim lancar. Ada yang sebut nama Jokowi

Baca juga: Tol Pekanbaru-Dumai ditargetkan beroperasi Maret 2020

Baca juga: VIDEO - Peserta SMN Yogyakarta saksikan pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar