Tol Pekanbaru-Dumai ditargetkan beroperasi Maret 2020

id Hutama Karya ,Tol Pekanbaru Dumai,jalan tol

Tol Pekanbaru-Dumai ditargetkan beroperasi Maret 2020

Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo saat menyampaikan keterangan di Simpang Pematang, Lampung, Jumat (15/11/2019). ANTARA/Aji Cakti

Bandar Lampung (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) menargetkan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai dapat beroperasi penuh pada Maret 2020.

"Tol Pekanbaru-Dumai dengan panjang131 km pada Maret 2020 sudah beroperasi," ujar Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo di Simpang Pematang, Lampung, Jumat.

Saat ini, progrespembebasan lahan Tol Pekanbaru-Dumai telah mencapai 98,26 persen dankonstruksinya 74,2persen.

Jalan tol ini memiliki enam seksi dengan seksi I yakni ruas Pekanbaru-Minas ditargetkan beroperasi pada Desember 2019. Sedangkan untuk seksi II sampai dengan VI, mulai dari Minas hingga Dumai ditargetkan beroperasi pada Maret 2020.

Tol Pekanbaru-Dumai merupakan salah satu ruas tol yang menjadi bagian dari proyek Tol Trans Sumatera.

Proyek Tol Trans-Sumatera memiliki panjang 2.974 km, terdiri atas koridor utama sepanjang 2.046 km dan koridor pendukung sepanjang 928 km.

Saat ini status pengoperasian Tol Trans-Sumatera baru lima ruas yang beroperasi, enam ruas masih dalam tahap konstruksi, lima ruas berstatus persiapan konstruksi dan 11 ruas dalam tahap perencanaan.

Presiden Joko Widodo pada Jumat ini meresmikan Jalan Tol Trans-Sumatera ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.

Tol ini akan melengkapi Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang sudahberoperasi sejak bulan lalu.

Ruas tol ini secara keseluruhan berjarak 189 kilometer yang membentang dari Lampung hingga Sumatera Selatan, dan merupakan salah satu ruas yang menjadi bagian dari proyek Tol Trans-Sumatera.

Baca juga: Pengerjaan Tol Pekanbaru-Dumai capai 72,42 persen

Baca juga: Inilah Konstruksi Tol Pekanbaru-Dumai yang Biayanya Rp90 Miliar per Kilometer

Baca juga: (VIDEO) Begini desain terowongan Gajah Sumatera di jalan tol Pekanbaru - Dumai


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar