PLN Berniat Beli Sisa Gas Kondur Petroleum

id pln berniat, beli sisa, gas kondur petroleum

Pekanbaru, 9/4 (ANTARA) - PT PLN (Persero) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau berencana membeli sisa gas Kondur Petroleum EMP untuk bahan bakar pembangkit listrik.

"Kondur memiliki sisa gas dan kami berniat untuk membelinya," kata General Manager PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau Djoko R Abumanan di Pekanbaru, Sabtu.

Kondur merupakan kontraktor kontrak kerja sama migas yang beroperasi di blok Malacca Strait yang berlokasi di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

Menurut dia, perusahaan yang berafiliasi dengan Grup Bakrie itu memiliki sisa gas sebesar lima MMSCFD.

"Gas itu bisa digunakan untuk bahan bakar pembangkit listrik untuk mengaliri listrik bagi warga di Pulau Padang, Kabupaten Meranti, yang sampai sekarang belum mendapat layanan PLN," ujarnya.

Secara terpisah, Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten Kepulauan Meranti berkeinginan untuk memperoleh sisa 5 MMSCF Gas Kondur Petroleum SA atau persisnya yang dihasilkan di Blok B Pulau Padang yang saat ini diproduksi.

"Selama ini kami kesulitan memperoleh kepastian bahan bakar untuk listrik di Kepulauan Meranti, dan semoga pembelian gas Kondur bisa menjadi jalan keluarnya," katanya.

Ia mengatakan PLN pada tahun ini menargetkan mampu meningkatkan tingkat elektrifikasi, layanan listrik ke masyarakat, di Riau hingga di atas 60 persen. Sedangkan, hingga kini tingkat elektrifikasi di Riau baru sekitar 40 persen dari total penduduk yang lebih dari lima juta jiwa.

Tingkat elektrifikasi di Riau diakuinya sangat rendah dibandingkan dengan rata-rata nasional yang lebih dari 60 persen.

Ia menambahkan, PLN berencana untuk membeli sisa gas dari perusahaan-perusahaan besar yang ada di Riau. Selain mengincar sisa gas Kondur, lanjutnya, PLN juga menginginkan gas dari Chevron Pasific Indonesia dan Riau Pulp.