Calon Demokrat Tertinggal Di Pilkada Tiga Kabupaten

id calon demokrat, tertinggal di, pilkada tiga kabupaten

Pekanbaru, 9/4 (ANTARA) - Pasangan calon dari Partai Demokrat untuk sementara tertinggal dalam perolehan suara di Pilkada tiga kabupaten di Riau yang dilakukan secara serentak pada Kamis (7/4) lalu.

Sekretaris DPD Demokrat Riau Koko Iskandar di Pekanbaru, Sabtu, belum mempercayai hasil perhitungan sementara kecuali di Kabupaten Siak.

"Sebelum ditetapkan oleh KPU maka Demokrat masih optimistis calon yang diusungnya bisa menang," ujar Koko.

Hasil perhitungan sementara di Kabupaten Rokan Hilir dari KPU setempat, pasangan Annas Mamun - Suyatno unggul dari pasangan yang diusung Demokrat yakni Herman Sani - Wahyudi.

Di Siak, calon yang diusung Demokrat OK Fauzi Jamil - Tengku Muhazza berdasarkan hasil hitung cepat KPU memperoleh suara 24,67 persen sedangkan pasangan Syamsuar - Alfedri memperoleh 37,67 persen suara.

Di Kabupaten Kuantan Singingi, pasangan calon yang diusung Demokrat yakni Sukarmis-Zulkifli kalah tipis dibandingkan Mursini-Gumpita.

Koko menghargai jika masing-masing calon mengklaim kemenangan dan ia masih menunggu hasil akhir perhitungan suara tersebut.

Namun Koko mengatakan pada tahun lalu, calon yang didukung Demokrat di empat kabupaten/kota lain kalah.

"Ini juga dijadikan otokritik. Apa dikarenakan figur yang diusung itu kurang diminati atau memang kurang sosialisasi," katanya.

Ia akan mengevaluasi hasil pilkada di Kuantan Singingi, Siak, dan Rokan Hilir dalam waktu dekat ini dan mempersiapkan dua pilkada lain di Pekanbaru dan Kampar pada Mei dan Oktober mendatang.