Demokrat godok bakal calon gubernur

id demokrat godok, bakal calon gubernur

Pekanbaru (antarariau) - Partai Demokrat terus menggodok pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Riau, hingga penetapan dan pengumuman pada Maret 2013.

"Kemungkinan besar Maret itulah baru ditentukan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur," ujar Ketua DPD Partai Demokrat Riau HR Mambang Mit di Pekanbaru, Senin.

Lebih jauh dia mengatakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau biasanya sudah memulai tahapan Pilgubri sembilan bulan sebelum pemilihan dilakukan.

Jika pemilihan itu dilaksanakan September 2013, berarti pada bulan Januari dan Februari sudah dimulai tahapannya.

"Biasanya untuk pendaftaran pasangan calon ke KPU, dilakukan tiga bulan sebelum pemilihan. Berarti ini jatuh pada bulan Juni," katanya setelah memperkirakan jadwal atau tahapan Pilgubri.

Masih kata Mambang, biasanya tiga bulan sebelum pendaftaran bagi pasangan calon ke KPU dilakukan yakni Februari atau Maret, akan bermunculan pendeklarasian pasangan calon yang didukung oleh masing-masing partai.

Demokrat sendiri masih membuka lebar bagi seluruh partai yang ingin berkoalisi dalam Pilgubri untuk dapat menggandeng semua partai politik yang ada di Riau.

"Nanti akan ramai diputuskan siapa kandidat terbaik dari masing-masing partai, apakah berkoalisi atau tidak. Itu tergantung pertimbangan partai masing-masing," katanya lagi.

Ketua KPU Riau Edy Sabli mengatakan, pelaksanaan pemilihan gubenur dan wakil gubernur Riau periode 2013-2018 direncanakan berlangsung pada tanggal 4 September 2013.

"Jadi sesuai aturan yang berlaku tujuh bulan sebelum pelaksanaan dilakukan, sudah ada tahapannya. Terhitung tanggal 4 Februari 2013 sudah dilakukan tahapan yang pertama," katanya.