Lionel Messi raih Bola Emas keenam kalinya

id Lionel Messi,Ballon d'Or,Virgil van Dijk

Lionel Messi raih Bola Emas keenam kalinya

Lionel Messi kembali menciptakan rekor dengan memenangkan penghargaan Ballon d'Or keenam kalinya di Paris, Senin waktu setempat, setelah mengalahkan duo Liverpool Virgil van Dijk dan Sadio Mane. (REUTERS/CHRISTIAN HARTMANN)

Jakarta (ANTARA) - Lionel Messi kembali menciptakan rekor dengan memenangkan penghargaan Ballon d'Oruntuk keenam kalinya di Paris, Senin waktu setempat, setelah mengalahkan duo Liverpool Virgil van Dijk dan Sadio Mane guna merebut penghargaan ini.

Kini berusia 32 tahun, Messi terakhir kali mendapatkan anugerah Ballon d'Or pada 2015. Sekarang dia total sudah enam kali diganjar penghargaan ini atau satu kali lebih banyak dibandingkan pesaing abadinya Cristiano Ronaldo.

Messi menggantikan Luka Modric, gelandang Real Madrid dan timnas Kroasia yang memenangkan penghargaan ini tahun lalu.

Sebelumnya Messi diganjar penghargaan ini pada 2009, 2010, 2011, 2012 dan 2015. Para wartawan internasional memutuskan memberikan penghargaan edisi tahun ini kepada Messi ketimbang kepada pemain yang mengantarkan Liverpool juara Liga Champions, Virgil van Dijk.

Messi memenangkan gelar juara La Liga tahun ini bersama Barcelona, selain mengantarkan Argentina ke tempat ketiga Copa America pada Juli.

Pesepak bola Belanda Matthijs de Ligt, pemain kunci di balik sukses Ajax Amsterdam menembus semifinal Liga Champions dan kini di Juventus, memenagkan Trofi Kopa untuk pemain U-21 putra terbaik di dunia setelah memenangkan suara para wartawan internasional.

Alisson Becker, salah seorang dari empat pemain Liverpool yang masuk tujuh besar Ballon d'Or putra, diganjar Trofi Yashin untuk kiper putra terbaik yang merupakan anugerah yang baru diberikan tahun ini.

Baca juga: Tuah Messi saat Barcelona atas Atletico