Enam Desa Meranti Dibantu Rp 3 Miliar

id enam desa, meranti dibantu, rp 3 miliar

Dumai, 22/2 (ANTARA) - Sebanyak enam desa yang berada di Kabupaten Meranti, Riau, dalam waktu dekat akan diberi bantuan sebesar Rp3 miliar melalui program Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP) yang dicanangkan pemerintah setempat.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Meranti, Azza Fahroni, kepada ANTARA di Dumai, Selasa, mengatakan, dana program pembinaan ini nantinya akan disalurkan melalui masing-masing unit usaha desa.

Dana UED-SP tersebut, katanya, Rp1 miliar bersumber dari APBD Provinsi Riau, sementara selebihnya atau Rp2 miliar lagi bersumber dari APBD Pemkab Meranti tahun anggaran 2011.

"Realisasi alokasi anggaran ini tinggal menunggu pengesahan APBD oleh Gubernur Riau. Jika cair, maka sudah bisa diperuntukkan ke UED-SP," katanya.

Selain penyaluran dana bantuan ini, katanya, sejumlah warga di enam desa yang ditunjuk nantinya juga akan dibina selama tiga tahun.

"Usai pembinaan warga perangkat desa, nantinya kita baru menerapkan payung hukum melalui Peraturan Desa dan akan diserahkan kepada unit usaha masing-masing desa. Saat ini desa mana yang akan menerima bantuan itu sedang diseleksi," kata Azza.

Seorang warga Selat Panjang Kabupaten Meranti, Diana (34), mengaku senang atas rencana program pemerintah tersebut dan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian keluarganya.

"Mudah-mudahan rencana ini terealisasi. Kami mengharapkan proses peminjaman terhadap orang kurang mampu seperti kami nantinya diberikan kemudahan dan keringanan," ucapnya berharap.