Satpol PP Lakukan Penertiban PKL

id satpol pp, lakukan penertiban pkl

Pekanbaru, 21/2 (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pekanbaru melakukan penertiban para Pedagang Kaki Lima (PKL) di kota tersebut sebagai upaya menciptakan keindahan.

Joni Suriadi, Komandan Pleton 3 Satpol PP, di Pekanbaru, Senin, mengatakan, penertiban dilakukan di beberapa tempat yakni Pasar Pagi Arengka dan sekolah-sekolah di daerah itu.

"Kawasan yang ditertibkan, terutama PKL yang berjualan di bahu jalan, guna menghindari kemacetan dan mengganggu arus lalu lintas di kawasan tersebut," ujar Joni.

Selain itu, lanjutnya, di sekolah PKL yang menggelar barang dagangannya juga ada yang menyebabkan kemacetan dan rawan kecelakaan.

"Untuk itu, pihak Satpol PP melakukan penertiban terhadap PKL yang ada," tambah dia.

Selanjutnya, kata Joni, pihaknya akan melakukan penertiban di sejumlah pasar lainnya seperti pasar Agus Salim dan Teratai dimana masih banyak PKL yang berjualan di bahu jalan.

"Penertiban akan terus dilakukan hingga Pekanbaru bebas PKL yang berjualan di bahu jalan,"cetus dia.

Dalam penertiban ini dikerahkan satu pleton anggota Satpol PP dan ini sebagai upaya penertiban.

"Untuk tahap awal, kita hanya memberi peringatan. Baru kemudian dilakukan tindakan dan ditertibkan dengan membawa dagangannya," jelas dia.

Sementara itu, Yono, salah seorang pedagang bakso bakar menyatakan menyesalkan penertiban yang dilakukan petugas Satpol PP.

"Kenapa hanya pedagang kecil yang diusir. Padahal kami hanya mencari makan," keluh dia.