Kisah di balik Billboard Justin Bieber di warung STMJ yang hiasi Kota Pekanbaru

id pameran Luar Ruang,Justin Bieber,Agan Harahap,pariwisata Riau,berita riau antara,berita riau terbaru

Kisah di balik Billboard Justin Bieber di warung STMJ yang hiasi Kota Pekanbaru

Karya Agan Harahap berjudul "BIEBER" pada pameran bertajuk "Luar Ruang" di Kota Pekanbaru, Riau, Senin (14/10/2019). Sebanyak 10 karya berukuran raksasa dari berbagai seniman seni visual nasional ikut serta dalam pameran Luar Ruang hingga tanggal 25 Oktober 2019, yang menggunakan billboard sebagai media pameran di Kota Pekanbaru. (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Gambar musisi Justin Bieber berukuran raksasa yang menunjukkan dirinya menjadi penata suara di warung minuman lokal Susu Telur Madu Jahe atau STMJ, mengisi salah satu billboard di Kota Pekanbaru, Riau.

Berdasarkan pantuan ANTARA, Senin, gambar penyanyi yang terkenal karena hits lagu "Baby" itu dicetak besar dengan ukuran sekira 5x10 meter. Lokasinya berada di pusat Kota Pekanbaru, tepatnya di dekat jalan layang simpang Jl. Jenderal Soedirman yang mengarah ke Harapan Raya.

Pada gambar tersebut, penyanyi asal Kanada itu tampak sedang duduk menghadap peralatan sound system mengenakan celana jins dan baju hitam, dan berpose di warung tenda STMJberwarna kuning.

Gambar pada baliho tersebut merupakan karya seni manipulasi digital buatan Agan Harahap, seniman asal Yogyakarta untuk pameran bertajuk "Luar Ruang" di Kota Pekanbaru.

Melalui akunInstagramnya @aganharahap, seniman tersebut mengunggah foto baliho dengan gambar Bieber dengan caption"Penampakan Justin Bieber di Jl. Sudirman Pekanbaru,".

Agan Harahap dikenal dengan karyanya yang memanipuasi selebriti internasional seperti Rihanna, hingga politisi seperti Prabowo dan Presiden Joko Widodo. Karyanya tersebut telah diakui dunia internasional, terbukti dari beberapa pameran yang pernah dia ikuti di luar negeri.

Karya berjudul "BIEBER" dari Agan Harahap adalah satu dari 10 karya seniman di pameran "Luar Ruang" yang digelar oleh Syam Art Management (S.A.M) sejak tanggal 12 hingga 25 Oktober 2019 di Pekanbaru.

"Dalam mengusung tema acara Luar Ruang ini, kurator tidak membatasi pada hal-hal yang dikhususkan atau tematik, melainkan hanya menciptakan tren baru bagi masyarakat Indonesia khususnya Kota Pekanbaru, bahwa media baliho dijadikan sebagai bingkai artistik semata," kata Project Manager S.A.M, Fachrozi Amri.

Fachrozi meyakini ini adalah pertama kalinya baliho digunakan sebagai media untuk pameran visual art di Indonesia.

Ada 10 baliho di pusat Kota Pekanbaru yang digunakan sebagai media pameran Luar Ruang. Selain karya Agan Harahap, karya lain yang dipamerkan adalah milikArin Ardani dari Jakarta, Farhan Adityasmara dari Denpasar, MA Roziq dari Yogyakarta, Sahlul Fahmi dari Surabaya, Susilo Nofrianto dari Bandung, dan Herik dari Padang.

Sementara seniman dari Pekanbaru yang ikut serta antara lain Ade Greden, Arza Aibonotika, dan kartunis Eko Faizin.

Karya Arin Ardani berjudul "TEMAN ATAU SETAN" pada pameran bertajuk "Luar Ruang" di Kota Pekanbaru, Riau, Senin (14/10/2019). ANTARA FOTO/FB Anggoro/19.


Warga Kota Pekanbaru banyak merespon positif pameran unik tersebut melalui kolom komentar di akun Instagram Agan Harahap. Sejumlah warga yang melintasi karya "BIEBER" juga terlihat mengabadikan gambar tersebut dengan gawai mereka.

"Sebenarnya saya berharap karya Agan yang lolos dipamerkan yaitu 'Jokowi Punk'. Saking kerennya karya itu sempat viral malah kabarnya kaosnya laku banyak.

Atau satu lagi karya Agan lainnya, yang mengangkat isu polemik petisi perihal kostum dan penampilan BLACKPINK di iklan salah satu merk waralaba online.

Dalam karya itu Agan memvisualisasikan empat personil BLACKPINK mengenakan gaun warna hitam sedang terciduk petugas SATPOL PP," kata seorang warga Pekanbaru, Heru Maindikali.

Ia menilai karya "BIEBER" Agan Harahap sangat lucu karena awalnya orang awam bakal menyangka artis tersebut jadi bintang iklan minuman STMJ.

"Kocak banget manipulasi digitalnya bagus seolah memang Justin Bieber sedang berada di warung itu.

Saya bangga dan respect kepada Agan yang sudah bersedia turut andil di pemeran ini danpihak penyelenggara pameran yang sudah bertungkus lumus melaksanakan pameran Luar Ruang," katanya.

Baca juga: Pertama di Indonesia, Pekanbaru gelar pameran karya seniman nasional di billboard

Baca juga: Jepret, inilah hasil foto Gubernur Riau Syamsuar ketika balik memotret fotografer Pekanbaru
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar