Festival Siak Bermadah diisi penampilan Sanggar Indonesia dan Malaysia

id festival siak bermadah, festival siak, pemkab siak, siak, berita siak

Festival Siak Bermadah diisi penampilan Sanggar Indonesia dan Malaysia

Gubernur Riau bersama Ketua LTKL dan Bupati Siak membuka Festival Siak Bermadah.(ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Gubernur Riau Syamsuar membuka Festival Siak Bermadah yang diikuti sejumlah seniman dari beberapa Daerah Indonesia dan Malaysia dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Siak ke-20, Kamis malam (10/10).

"Festival Siak Bermadah ini dilaksanakan setiap tahun. Bahkan belum lahir Siak ini sudah ada juga ketika masih di bawah Kabupaten Bengkalis. Perseta Siak Bermadah kali ini dari dalam negeri dan Malaysia," katanya di Taman Tengku Maharatu Siak.

Peserta festival ada empat sanggar dari dalam Provinsi Riau yakni dari Pekanbaru, Kepulauan Meranti, Rokan Hulu dan Siak sendiri. Dari luar Riau ada dua dari Kepulauan Riau dan lainnya dari Jambi dan Sumatera Utara. Sedangkan dari Malaysia ada dua sanggar yakni dari Kuala Lumpur dan Pahang.

Festival ini menurut Syamsuarsangat baik untuk melestarikan kebudayaan melayu dan seni berbagai daerah. Pada pembukaan itu contohnya ditampilkan Tari Zapin Siak dan juga yang dari Malaysia serta musik.

Selain acara seni itu, tahun ini juga digandengkan dengan Festival Kabupaten Lestari II dengan Siak sebagai tuan rumah. "Ini dibentuk oleh sejumlah kabupaten yang punya komitmen mempersiapkan 'green city'," ujar gubernur.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Lingkar Temu Kabupaten Lestari yang merancang Festival Kabupaten Lestari (LTKL). Ketuanya yakni Bupati Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Dodi Alex Nurdin yang mengatakandibentuk 2017 dan saat ini sudah berhasil merangkai gotong royong anggota.

"Berbagai program telah dihasilkan seperti pengembangan inovasi lestari, dimana kabupaten serius dan komitmen pembangunan secara lestari. Secara tahunan digelar festival kabupaten lestari," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Siak, Alfedri menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan Festival Siak Bermadah sudah dimulai jauh hari. Seperti gotong royong massal, pengobatan gratis, pawai kebudayaan dan juga Festival Kabupaten Lestari II sejak Kamis (10/10).

Festival Kabupaten Lestari itu diikuti Kabupaten Musi Banyuasin, Rokan Hulu, Batanghari, Labuan Batu Utara, Sintang, Sanggau dan Sigi serta sejumlah kabupaten mitra seperti Gorontalo, Aceh Timur dan Tambraw. "Kabupaten anggota LTKL sudah datang, besok bupati-bupati akan jadi narasumber bincang-bincang lestari," sebutnya. (adv)

Baca juga: Fetival Kabupaten Lestari II di Siak dimulai dengan lokakarya kewirausahaan

Baca juga: Organisasi masyarakat sipil digandeng cegah karhutla di Siak


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar