Fetival Kabupaten Lestari II di Siak dimulai dengan lokakarya kewirausahaan

id kewirausahaan siak, pemkab siak, berita siak

Fetival Kabupaten Lestari II di Siak dimulai dengan lokakarya kewirausahaan

Para pembicara Lokakarya Kewirausahaan Festival Kabupaten Lestari II di Kabupaten Siak (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Festival Kabupaten Lestari II dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Siak ke-20 dimulai dengan kegiatan lokakarya wirausaha yang menghadirkan pembicara inovatif dan berpengalaman.

"Hari ini pembukaan kegiatan festival kabupaten lestari. Kegiatanhari ini kolaborasi bersama masyarakat yang peduli dengan lingkungan, berbagi informasi agar bisa ditransfer anggota dan pemuda kabupaten lestari," kata Bupati Siak, Alfedri pada acara di Gedung Daerah, Kamis.

Pada kegiatan itu hadir sebagai pembicara yaknipetani muda dari Kediri, Eko Suroso, Project Coordinator Du'Anyam,Davit Manalu. Ada jugaCEO PT Yagi Natural Indonesia, Farhaniza, Platform Lead Pantau Gambut,Clorinda Wibowo,CEO Asyx,Lishia Erzha hingga Cullinary Storyteller AdePutri Paramadhita dan jugaFitra Aulia, City Manager Lampung dan PekanbaruTokopedia.

Alfedri mengatakan Festival Kabupaten Lestari menekankan pada industri kecil menengah dan ekonomi kreatif. Selain juga untuk menumbuhkan pertanian yang ramah gambut di samping pemenuhan kebutuhan masyarakat Siak yang mencapai 400 ribu jiwa.

Dikatakannya, Siak merupakan kabupaten yang berkomitmen untuk melestarikan lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Maka itu selain lokakarya, pada Jumat besok (11/10) akan ada bincang-bincang lestari dengan narasumber para bupati Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL).

Di antaranya yang merupakan LTKL adalah Kabupaten Musi Banyuasin, Rokan Hulu, Batanghari, Labuan Batu Utara, Sintang, Sanggau dan Sigi serta sejumlah kabupaten mitra seperti Gorontalo, Aceh Timur dan Tambraw. Bupati Siak dalam hal ini menjabat sebagai sekretaris jendral.

"Kabupaten anggota LTKL sudah datang, besok bupati-bupati akan jadi narasumber bincang-bincang lestari," ungkapnya.

Terkait hari jadi ke-20 Kabupaten Siak, Alfedri mengatakan sudah banyak capaian dari bupati sebelumnya. Pihaknya masih mengupayakan jalan poros kampung yang panjangnya 2800 kilometer dan yang terealisasi sekarang baru 1200 km yang kegunaannya juga untuk jalan usaha tani. (adv)

Baca juga: Rangkaian hari jadi ke-20, Dekranasda dan RAPP gelar Festival Batik Siak

Baca juga: Bupati Siak ikut penjaringan calon Pilkada 2020 di Nasdem


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar