Kemenag Riau Usulkan Pekanbaru Jadi Embarkasi Haji

id kemenag riau, usulkan pekanbaru, jadi embarkasi haji

Pekanbaru, 4/1(ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Riau Drs H Asyari Nur SH MM mengusulkan Pekanbaru menjadi embarkasi haji pada 2012.

"Pekanbaru dari sisi infrastruktur sudah memadai menjadi embarkasi, misalnya ada bandara internasional yang dapat didarati pesawat berbadan lebar, serta memiliki asrama haji," katanya di Pekanbaru, Selasa.

Ia mengatakan selama ini pemberangkatan jemaah haji asal Riau masih melewati embarkasi Batam, bergabung dengan jemaah haji asal Kepulauan Riau, Kalimantan Barat dan Jambi.

Padahal, kata dia, jumlah jemaah haji asal Riau mencapai 5.100 orang setiap tahun. "Dengan jumlah itu sebenarnya Riau layak menjadi embarkasi baru pada 2012," katanya.

Menurut dia biaya haji untuk calon haji asal Riau selama ini lebih mahal dibandingkan dari daerah lainnya. Untuk setiap keberangkan ke embarkasi calon haji tersebut harus menambah biaya perjalanan sebesar Rp4 juta.

"Jika usulan ini diterima, biaya haji lebih efisien, karena selama ini ada juga calon haji asal Riau yang mendaftar di Sumatra Barat terkait biaya yang lebih murah," katanya.

Usulan tersebut juga didukung Pemerintah Provinsi Riau melalui surat yang ditujukan kepada Kanwil Kemenag Riau. Pemerintah provinsi menginginkan agar Pekanbaru menjadi embarkasi haji.

Ia mengatakan dengan adanya embarkasi tersebut diharapkan juga dapat membantu bangkitnya perekonomian masyarakat kecil.

"Kita berharap usulan ini diterima dan Pekanbaru dapat menjadi embarkasi haji ke-12," katanya.