Bulog Riau-Kepri bagikan 2.000 masker bagi warga Pekanbaru

id Masker,kabut asap,karhutla,berita riau antara,berita riau terbaru

Bulog Riau-Kepri bagikan 2.000 masker bagi warga Pekanbaru

Bulog Riau-Kepri bagikan 2.000 masker sebagai program peduli korban asap, di Pekanbaru, Jumat (20/9). (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Riau-Kepulauan Riau (Kepri) membagikan 2.000 masker bagi masyarakat Pekanbaru Jumat pagi.

"Pembagian masker ini dilakukan di depan Kantor Gubernur dan Polda, bundaran dan di depan Kantor Bulog Jalan Cuknyakdien," kata Kepala Bulog Divre Riau -Kepri Abdul Muis kepada Antara di Pekanbaru, Jumat.

Abdul Muis menjelaskan masker dibagikan kepada pengedara sepeda motor, roda empat yang melintas di seputaran lokasi yang sudah ditentukan.

Menurut Abdul Muis, kegiatan ini sebagai bentuk kemanusian, peduli kepada korban bencana asap khususnya di Pekanbaru.

"Pembagian 2.000 masker Bulog Riau ini dilakukan sebagai program peduli korban asap," imbuh Abdul Muis.

Sementara itu sebelumnya diberitakan kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pekat masih menyelimuti Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, pada Jumat pagi hingga jarak pandang menjadi 600 meter.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, mencatat selainPekanbaru, jarak pandang Pelalawan lebih parah hanya 400 meter. Sebaliknya dua daerah lainnya yakni di Kota Dumai dan Rengat relatif lebih baik yakni masing-masing 1,5 kilometer dan 1 kilometer.

Satelit Terra Aqua berdasarkan pantauan BMKG pada pukul 06.00 WIB menunjukkan ada 151 titik panas yang jadi indikasi karhutla. Paling banyak ada di Jambi ada 635 titik, Sumatera Selatan (Sumsel) 469 titik, sedangkan di Riau ada 151 titik.

Dari 151 titik di Riau, paling banyak di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) ada 45 titik, Pelalawan 44 titik, Rokan Hilir (Rohil) 28 titik, Kampar 9 titik, indragiri Hulu (Inhu) 8 titik, Kuansing dan Bengkalis masing-masing 7 titik, Meranti 2 titik, dan Kota Dumai ada satu titik panas.

Dari jumlah tersebut ada 107 titik api yang terdeteksi, dan paling banyak di Pelalawan yakni 35 titik.

Baca juga: Karhutla Riau - Gubernur Riau dukung Tour de Siak dilanjutkan meski masih ada kabut asap

Baca juga: Karhutla Riau - Asap masih pekat di Pekanbaru, jarak pandang 600 meter

Baca juga: Polisi tangkap sindikat internasional selundupkan narkoba manfaatkan karhutla
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar