KPUD Pekanbaru Lakukan Verifikasi Data Kependudukan

id kpud pekanbaru, lakukan verifikasi, data kependudukan

Pekanbaru, 20/12 (ANTARA) - Pihak Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Pekanbaru saat ini tengah melakukan verfikasi data kependudukan yang telah disampaikan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2011.

"KPU sedang di lapangan melakukan verifikasi data yang ada. Dari hasil tinjauan, diketahui banyak data yang disampaikan kurang valid. Contohnya di Kelurahan Padang Terubuk, sekitar 30 persen data yang diberikan ternyata tidak ada," ujar anggota KPUD Ir AZ Fachry Yasin MAgr di Pekanbaru, Senin.

Ia mengatakan, data yang diberikan Disdukcapil pada 24 November 2010, belum sepenuhnya bisa dijadikan bahan untuk Daftar Pemilih sementara(DPS). Pihaknya juga melakukan pencocokan data dengan hasil sensus Badan Pusat Statitik (BPS) Pekanbaru.

"Data keduanya jauh berbeda, data dari Disdukcapil yakni 581.852 sedangkan dari BPS terdapat data sebanyak 903.902. Jadi terdapat perbedaan sekitar 300 ribu penduduk," jelasnya.

Meski demikian, pihaknya tidak bisa langsung memakai kedua data tersebut melainkan dengan menurunkan tim Petugas Pemuktahiran Data Pemilu (PPDP) ke lokasi. Dengan demikian, diharapkan masyarakat Pekanbaru yang cukup umur terdata dan bisa memilih.

"Dari laporan yang didapat PPDP diketahui banyak masyarakat yang sudah pindah, namun masih tercantum di wilayah tersebut. Kemudian juga, dimasukkannya TNI/Polri menjadi pemilih padahal dalam peraturannya mereka tidak mempunyai hak pilih," kata dia.

Pihaknya berupaya sedapat mungkin meminimalisir kesalahan yang ada. Untuk DPT sendiri baru akan disahkan pada 27 Maret mendatang.