Pesan Habib Novel di Silaturahmi Nasional Teruci di Solo

id Teruci, silatnas2024, silatnas, munaslub teruci

Pesan Habib Novel di Silaturahmi Nasional Teruci di Solo

Habib Novel Alaydrus (dua kiri) saat menerima kenang-kenangan dari Teruci. (ANTARA/Riski Maruto)

Surakarta (ANTARA) - Habib Novel Alaydrus menyampaikan silaturahmi merupakan kunci kesenenagan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

"Jalin silatturahim sebanyak mungkin terhadap orang yang kita kenal. Kumpul itu bawa rejeki. Mangan ora mangan sing penting kumpul," kata Habib Novel saat memberi tausiah di ajang Munaslub dan Silaturahmi Nasional Teruci di Surakarta, Sabtu malam.

Habib Novel mengatakan silaturahmi bisa dilakukan melalui ngobrol-ngobrol dengan teman bisa membuka peluang bisnis atau rejeki lainnya.

Ia menceritakan ayahnya hingga wafat tidak pernah mengajarkannya untuk mengejar dunia. "Cuma pesannya, senangkan hatimu, senengno atimy," katanya menirukan pesan almarhum bapaknya.

Dia mengatakan, kalau hati sudah senang maka tak perlu lagi uang. Hidup yang penting adalah senang. Senang yang bisa menyelamatkan dunia dan akhiraat, seperti duduk bersama istri, anak, atau orang tua.

Sesuai hadist Nabi Muhammad SAW, lanjutnya, duduklah bersama pasanganmu itu lebih baik daripada iktikaf selama setahun di masjid.

Menurutnya, kalau pertemanan di dunia itu menyenangkan maka di akhiraat akan lebih menyenangkan.

"Yang paling penting jangan putuskan silaturahmi. Sejelek apapun bibik kita (saudara kita), jangan putuskan silaturahmi karena memutuskan silaturahmi sama saja memutuskan hubungan dengan Allah.

Bahkan Nabi saat akan berdoa bersama meminta salah satu jamaah yang memutus silaturahmi agar keluar dulu agar doanya diterima Allah SWT.

Dalam acara Munaslub dan Silatnas yang bertemakan "Membangun solidaritas dengan keharmonisan" itu dihadiri lebih dari 220 orang dari premium member beserta keluarganya yang berasal dari seluruh Indonesia.

Sementara Kumendan Teruci Pusat Om Budi Bravo mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah bekerja keras dalam acara.

"Mohon maaf kalau ada kekurangan semoga Teruci semakin solid, guyub dan eksis," katanya.