KPUD Pekanbaru Benahi DPT Jelang Pemilukada

id kpud pekanbaru, benahi dpt, jelang pemilukada

Pekanbaru,16/7(ANTARA)- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Pekanbaru mulai membenahi Daftar Pemilih Tetap (DPT) menjelang berlangsungnya pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) pertengahan Mei 2011.

"KPUD bekerjasama dengan Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) mulai melakukan pendataan DPT. Tentunya akan banyak berubah antara DPT pada pemilihan umum presiden (pilpres) dengan pemilukada tahun depan," ujar anggota KPUD Pekanbaru, AZ Fachry Yasin di Pekanbaru, Jumat.

Ia mengatakan jumlah DPT untuk pileg lalu sebanyak 472.575 dan pilpres sebanyak 535.742. Pihaknya memprediksi untuk pemilukada mendatang, setidaknya DPT mencapai 600 ribu.

Menurut dia, persoalan DPT merupakan hal yang sangat penting dikarenakan sepanjang pelaksanaan pemilu baik pileg, pilpres maupun pemilukada hampir dipastikan selalu bermasalah.

"Belajar dari semua itu, pihak KPUD Pekanbaru berupaya menekan persoalan DPT sedini mungkin, melalui pembenahan DPT ini," jelasnya.

Fachry mengharapkan dengan dibenahinya permasalahan DPT ini, partisipasi pemilih pada pemilukada mendatang akan semakin meningkat.

"Ditambah lagi, dengan sosialisasi yang dilakukan, kita harap persentase pemilih diatas 60 persen," harapnya.

Dalam pemilukada Pekanbaru 2011 mendatang, sejumlah nama muncul dan menyatakan diri untuk maju sebagai calon walikota dan wakil walikota seperti Septina Primawati Rusli, Erizal Muluk, Ayat Cahyadi, Rusli Effendi, Yonesri, M Noer, Edi Satria, Haris Jumadi dan Nasrun Effendi.