Karhutla Riau - Kebakaran lahan muncul di konsesi Chevron di Riau, begini penjelasannya

id chevron pacific indonesia,karhutla,konsesi chevron di riau,kabut asap,berita riau antara,berita riau terbaru

Karhutla Riau - Kebakaran lahan muncul di konsesi Chevron di Riau, begini penjelasannya

File foto. Personel TNI bersiap memadamkan bara api lahan gambut yang terbakar di Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru, Riau, Senin (2/9/2019). Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebanyak 358 titik panas terdeteksi di pulau Sumatera yakni di 1 di Bengkulu, 103 di Jambi, 12 di Lampung, 67 di Sumsel, 1 di Sumut, 1 di Kepri, 22 di Babel dan 150 di Riau 150. ANTARA FOTO/Rony Muharrman/ama.

Pekanbaru (ANTARA) - Kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla yang kini meluas di Provinsi Riau ikut merambat ke konsesi perusahaan minyak PT Chevron Pacific Indonesia di Kabupaten Bengkalis.

Wakil Komandan Satuan Tugas Karhutla Provinsi Riau, Edwar Sanger di Pekanbaru, Rabu, mengatakan berdasarkan laporan personel satgas darat kebakaran di area PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) terdeteksi pada Selasa (3/9).

Lokasi tepatnya di Area D-30 Dusun Bumbung Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis. Titik koordinatnya ada di 1.35248°, 101.26678°.

Proses pemadaman melibatkan empat mobil Regu Pemadam Kebakaran (RPK) CPI bersama empat personel Polri.

“Tim RPK mereka mematikan sendiri lahan yang terbakar, dan dibantu juga oleh rekan-rekan Satgas darat yang kebetulan berada didekat lokasi,” kata Edwar.

Belum ada laporan penyebab dan luas lahan konsesi CPI yang terbakar. Laporan terakhir menyebutkan, lahan yang terbakar sudah mulai padam, tetapi masih mengeluarkan asap.

“Pemadaman terkendala karena tidak adanya sumber air di tempat kejadian,” ujarnya.

Sementara itu, hingga sore ini pihak CPI belum mengeluarkan komentar tentang kebakaran lahan di area konsesi perusahaan. Humas CPI, Rinta, mengatakan staf Humas di Pekanbaru masih menyiapkan pernyataan pers untuk wartawan perihal laporan Satgas Karhutla Riau tersebut.

Ini bukan pertama kalinya konsesi CPI di Riau mengalami kebakaran pada tahun ini. Sebelumnya, pada akhir Februari 2019 konsesi CPI di Kota Dumai juga mengalami kebakaran. Keterangan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai, menyebutkan kebakaran lahan konsesi CPI saat itu berlokasi di tepi Jalan Soekarno-Hatta, dekat Jembatan Bukit Jin.

Luas kebakaran lahan gambut tersebut sedikitnya mencapai empat hektare.

Baca juga: Asap karhutla bikin langit Pekanbaru kelabu, begini penjelasan BMKG

Baca juga: Chevron Berusaha Padamkan Kebakaran di Konsesi Dumai Hingga Malam Hari


Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar