30 DPRD Dumai disumpah. Awas kalau korupsi

id Dprd dumai, pelantikan dprd dumai,DPRD Kota Dumai, dumai terkini

30 DPRD Dumai disumpah. Awas kalau korupsi

Suasana pengambilan sumpah anggota DPRD Dumai, Selasa (3/9). (ANTARA/Abdul Razak)

Dumai (ANTARA) - Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kota Dumai Hendri Tobing mengambil sumpah/janji 30 Anggota DPRD periode 2019-2024 hasil Pemilu 2019, Selasa, dan pimpinan sementara lembaga legislatif ini ditunjuk Supriyanto dari Partai Demokrat dan Haslinar legislator Partai Nasdem.

Pengambilan sumpah janji legislator baru ini dilakukan dalam Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Dumai Gusri Effendi, Idrus dan Zainal Abidin serta dihadiri Wali Kota Zulkifli AS, Wakil Wali Kota Eko Suharjo dan segenap unsur pimpinan daerah serta Anggota DPRD Dumai periode 2014-2019.

Sekretaris DPRD Dumai Fridarson membacakan Surat keputusan pemberhentian dan peresmian pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Kota Dumai, dilanjutkan penetapan pimpinan sementara dari Partai Demokrat Suprianto dan Partai Nasdem Haslinar.

Wali Kota Dumai Zulkifli AS menyampaikan ucapan selamat kepada Anggota DPRD Kota Dumai periode 2019-2024 yang baru dilantik dan berharap agar dapat menjalankan amanah jabatan yang diemban dengan baik.

"Semoga DPRD dapat bersinergi dengan pemerintah dalam penyelenggaraan program pembangunan dan pemerintah untuk tujuan utama kepentingan dan kesejahteraan masyarakat," kata Zulkifli.

Diketahui, Kepolisian Resort Dumai menurunkan 106 personel pengamanan untuk kelancaran dan tertib kegiatan pengucapan sumpah dan janji 30 Anggota DPRD Kota Dumai periode 2019-2024 hasil Pemilu Serentak 2019 di gedung DPRD Dumai Jalan Tuanku Tambusai Kecamatan Bukit Kapur.

Kapolres Dumai Ajun Kombes Polisi Restika PN menjelaskan, ratusan personel polisi disiapkan untuk membantu tugas pengamanan dan kelancaran prosesi pelantikan anggota legislatif terpilih,

"106 personel polres diturunkan untuk pengamanan dengan sistim terbuka dan tertutup, baik di dalam atau di luar gedung," kata Kapolres Restika.

Pola pengamanan diterapkan dengan penempatan personel di tiga sektor, yaitu Ring 1 dalam gedung, Ring 2 pintu masuk dan Ring 3 di luar gedung. Pengamanan dibantu juga petugas Satpol PP dan Satpam DPRD.

Dari hasil penghitungan perolehan suara pemilihan legislatif, Partai Demokrat menjadi pemenang dengan lima kursi DPRD, disusul Nasdem, PKS dan PDI Perjuangan, sedangkan Golkar, PAN dan Gerindra, PPP tiga kursi, dan satu kursi untuk Partai Hanura.

Adapun 30 DPRD Dumai 2019-2024 mengucapkan sumpah janji, untuk Daerah Pemilihan I Kecamatan Dumai Kota Idrus (Gerindra), Haslinar (Nasdem), Muhammad Al Ikhwan Hadi (PKS), Suprianto (Demokrat) dan Gusri Effendi (PDIP).

Dapil II Kecamatan Dumai Timur - Medang Kampai, Syafrizal Nurdin (PAN), Andy Putra Silitonga (PDIP), Rudi Hartono (PKS), Sri Wanah (Nasdem), Yuhandri (Gerindra), Mara Hamdan Harahap (Demokrat), Hasan (PPP) dan Edison (Golkar).

Selanjutnya, Daerah Pemilihan III Kecamatan Bukit Kapur - Sungai Sembilan, Bahari (PDIP), Bujang (PAN), Mawardi (PKS), Kamisan (Demokrat), Yusman (Nasdem), Jem Harahap (Hanura), Ponimin (Golkar) dn Salman (PPP).

Sedangkan Dapil IV Kecamatan Dumai Barat - Dumai Selatan, Agus Purwanto (Demokrat), Tahjuddin Effendi (PKS), Syarifah (Golkar), Marihot Sitorus (PDIP), Sutrisno (Nasdem), Johannes MP Tetelepta (Gerindra), Hasrizal (PAN), Roni Ganda Bakara (Demokrat) dan Hamdan (PPP).

Baca juga: 106 polisi amankan pelantikan 30 anggota DPRD Kota Dumai