BMKG akui udara Pekanbaru memburuk, jarak pandang 1,5 km pada Senin pagi

id Bmkg, asap pekanbaru, kabut asap di pekanbaru, karhutla, berita riau antara, berita riau terbaru

BMKG akui udara Pekanbaru memburuk, jarak pandang 1,5 km pada Senin pagi

Situasi udara di sekitar Gobah, Kota Pekanbaru, Senin pagi sekitar pukul 07.45 WIB. (Foto Antaranews/Riski Maruto/19)

Pekanbaru (ANTARA) - Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno membenarkan kondisi cuaca kota setempat memburuk hingga jarak pandang 1,5 km pada Senin pagi (26/8).

"Kondisi cuaca tadi subuh sampai jam 08.00 WIBmemang padat dan jarak pandangnya sempat 1,5 km akan tetapi di atas itu jarak pandang naik jadi 2 km," kata Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno pada acara rapat menyikapi perkembangan cuaca dan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) Kota Pekanbaru di Posko Darurat Asap di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Jalan Dahlia.

Rapat diikuti oleh Walikota Pekanbaru, Firdaus, Kadisdik, Plt.KaDiskes, Kadis DLHK Kepala BMKG, DPKP, Plt.Ka|aksa BPBD, Kepala P3E Sumatera KLHK Riau, Dinsos, Polresta, Kodim, Kominfo, camat dan lainnya.

Selanjutnya Sukisno menjelaskan udara di Pekanbaru pada Senin subuh memadat atas bentukan partikel jerebu (asap) dan uap air.

Namun seiring waktu saat matahari bersinar dan adanya arah angin maka pemadatan udara Pekanbaru berkurang sehingga jarak pandang menjadi membaik.

"Jam 08.00 WIB kondisi jarak pandang 2 km dan kini di atas pukul 09.00 WIB sudah 3 km," tutur Sukisno.

Ia menambahkan asap diPekanbaru merupakan dampak dari pengiriman asap dari luar Ibu Kota Provinsi Riau itu, yakni berasal dari Kampar, Rengat dan Dumai,

Sementara itu Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru, Burhan Gurning menyatakan Pekanbaru sejauh ini zero hots spot.

"Pekanbaru hanya terimbas dari kiriman asap," ujar Burhan Gurning yang menjadi moderator rapat.

Baca juga: VIDEO - BEM Fakultas Kedokteran Unri bagi masker gratis kurangi dampak asap

Baca juga: Warga Pekanbaru ini tewas diduga akibat asap Karhutla