VIDEO - ini keseruan saat peserta SMN Yogyakarta melawat ke Istana Siak

id SMN, SMN Riau, SMN 2019, SMN Riau 2019, SMN Yogyakarta

VIDEO - ini keseruan saat peserta SMN Yogyakarta melawat ke Istana Siak

Kunjungan di Istana Siak Sri Indrapura, Senin (19/8/19). (Foto Antaranews/Vijay Kantaw/19)

Pekanbaru (ANTARA) - Untuk lebih mengenal Riau, belum lengkap rasanya jika tak mengunjungi Kabupaten siak sebagai simbol Kesultanan Siak Sri Indrapura. Setelah Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 mengunjungi museum Sang Nila Utama di Pekanbaru, Peserta SMN 2019 akhirnya berkunjung di pusat sejarah Kabupaten Siak, Senin.

Siak adalah kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kota Pekanbaruyang terkenal dengan istananya. Maka dari itu, untuk melihat langsung peninggalan kerajaan ini, SMN 2019 bertandang ke Istana Siak Sri Indrapura. Peserta melihat bangunan yang megah dan peninggalan raja-raja terdahulu. Istana Siak Sri Indrapura merupakan kediaman resmi Sultan Siak yang mulai dibangun pada tahun 1889, yaitu pada masa pemerintahan Sultan Syarif Kasyim.

Istana ini merupakan peninggalan Kesultanan Siak Sri Indrapura yang selesai dibangun pada tahun 1893. Kini istana ini masuk wilayah administrasi pemerintahan Kabupaten Siak.

Komplek istana ini memiliki luas sekitar 32.000 meter persegi yang terdiri dari empat istana kecil yaitu Istana Siak, Istana Lima, Istana Padjang, dan Istana Baroe. Istana Siak sendiri memiliki luas 1.000 meter persegi.

"Istananya terawat dan masih terjaga barang-barang peninggalan kerajaannya masih asli," kata Dhea Ramdhani selaku pendamping peserta SMN 2019.



Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar