Gubernur Riau lepas 30 peserta SMN ke Yogyakarta

id SMN,SMN Riau, SMN 2019

Peserta SMN 2019 asal Provinsi Riau di malam pelepasan, Selasa malam (13/8/19). (Foto Antaranews/Vera Lusiana/19)

Pekanbaru (ANTARA) - Walau sedikit molor karena kesibukannya menerima tamu penting, Gubernur Riau Syamsuar akhirnya menyempatkan diri melepas keberangkatan 30 Siswa Mengenal Nusantara (SMN) tahun 2019 asal Riau menuju Yogyakarta.

"Harapan saya agar anak-anak kami apalagi yang belum pernah ke Yogyakarta akan bertambah wawasannya, karena Riau ada kesamaan budaya antara Istana Siak dan Keratonnya," kata Gubernur Riau Syamsuar pada acara pelepasan dan penyambutan SMN di Pekanbaru, Selasa malam.

Syamsuar meyakini anak-anak Riau selama di Yogyakarta akan mendapatkan pengalaman luar biasa apalagi dari segi kualitas pendidikan wilayah Jawa lebih bagus. Ia juga berpesan lewat guru pembimbingnya utusan Riau bisa menjadi penunjuk ajar.

"Lewat SMN ini juga anak-anak akan mampu meningkatkan rasa kesatuan dan persatuan RI karena lebih banyak mengenal dan belajar budaya lainnya," ujar Syamsuar.

Gubernur bahkan tidak lupa mengucapkan terimakasih secara langsung kepada pihak sponsor SMN yakni PT Hutama Karya, PTPN V, PNM yang sudah menyalurkan dana kepedulian sosialnya bagi anak-anak Riau.

"Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh BUMN yang sudah berkontribusi," imbuhnya.

Ia menilai program SMN ini sudah tepat untuk mempersatukan anak bangsa. Kalau jaman dulu namanya Hankamrata (Pertahanan keamanan rakyat merata). Artinya jika ada satu daerah di Indonesia mendapat serangan, maka wilayah lainnya di manapun akan ikut merasakan dan terlibat.

"Nah Semangat inilah yang sekarang kita pelihara agar anak-anak ini di masa depan bisa memiliki rasa bertanggungjawab sebagai satu kesatuan," tambahnya.
Peserta SMN 2019 asal Provinsi Riau di malam pelepasan, Selasa malam (13/8/19). (Foto Antaranews/Vera Lusiana/19)


Sementara itu Asisten Deputi CSR dan Lingkungan Kementerian BUMN Dewi Ariyani dalam sambutannya menyatakan

SMN tahun 2019 ini diselenggarakan untuk yang ke -lima kalinya.

Tujuannya guna menciptakan generasi muda yang berwawasan Nusantara dan cinta dengan Tanah Air.

"Kami ucapkan selamat kepada yang sudah terpilih karena kalian yang terbaik dari kabupaten/kota. Kami yakin 10-30 tahun mendatang adik-adik akan melanjutkan pembangunan bangsa Indonesia. Karenanya kami BUMN memiliki kewajiban memberikan bekal,"

"Kami juga ucapkan terima kasih kepada BUMN yang sudah terlibat telah mengenalkan. Juga kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, TNI, Pemda dan pihak terkait, ini sebuah kebanggaan tersendiri BUMN dapat hadir untuk menjaga generasi penerus," imbuhnya.

Sedangkan Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya Muhammad Fauzan ikut juga menambahkan, program SMN ini sebagai bagian tanggungjawab sosial perusahaan terhadap anak bangsa.

"Program ini sangat positif, mungkin ini pengalaman pertama dan penting bagi siswa untuk lebih mengenal BUMN yang sudah bagus manajemennya saat ini, selain juga memberikan kesempatan bagi mereka agar dapat mengenal budaya Indonesia," ujarnya.

Pantauan antara turut hadir juga dalam acara pelepasan SMN 2019 Eksekutif Vice Presiden Bisnis ULaM dan Jasa Management PNM RahfieSyaefulsyaf,

Kabag Pemasaran PTPN 5 Hotmatua, serta tamu undangan dan para siswa peserta SMN tahun 2019.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar