Pusdatin Puanri Gelar "Riau Women Expo"

id pusdatin puanri, gelar riau, women expo

Pekanbaru, 25/11 (ANTARA) - "Riau Women Expo" atau RWE, yakni sebuah pameran data yang dihimpun oleh perempuan dan dilakukan oleh perempuan Riau digelar di Pekanbaru dalam rangka perayaan HUT Pusat Data dan Informasi Perempuan Riau ke-6 dan Perempuan Riau Bangkit Foundation ke-3.

"RWE akan menggelar pameran data yang dihimpun Pusdatin Puanri selama ini," kata Ketua Umum Pusdatin Puanri, Hj Primawati Rusli, di Pekanbaru, Kamis.

Ia menjelaskan, sejak Maret 2010 lalu Pusdatin Puanri sudah mempersiapkan berbagai acara untuk digelar 1-9 Desember 2010 .

"Kegiatan ini bukan hanya mencakup Riau. Menurut rencana, acara puncak akan dibuka langsung oleh Mentri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar," kata dia.

Ia menjelaskan kegiatan yang mengambil thema "Puanri Majukan Negeri, Selamatkan Bumi" akan dimeriahkan oleh berbagai acara sebelum acara puncaknya seperti, menanam 1.000 pohon, senam masal, mengunjungi anak-anak outis, dan kegiatan lomba untuk anak-anak sekolah seperti mading.

"Ibu Mentri nantinya turut menghadiri peluncuran buku 'Pejuang Perempuan Riau' sekaligus penyerahan anugerah Baiduri dan anugerah Sabitah bagi perempuan Riau yang berprestasi ," jelasnya.

Ia menambahkan, dalam RWE nantinya akan digelar berbagai pameran usaha kecil dan menengah (UKM), produk kerajinan wanita se Riau ,baik berupa makanan maupun berupa cendera mata .

Pameran RWE akan diikuti seluruh kabupaten/kota yang ada di Riau . "Pameran kerajinan tangan ini juga merupakan ajang untuk memperkenalkan hasil karya wanita untuk dapat di tampilkan sebagai bahan cendera mata pada acara PON mendatang," terangnya.

Ia juga menegaskan, untuk proses penentuan penerima anugrah saat ini panitia masih melakukan seleksi hingga didapatkan 10 orang penerima penghargaan Baiduri dengan 4 kategori dan 2 orang penerima Sabitah .

"Nama-nama yang menerima penghargaan sengaja masih kami rahasiakan agar nantinya memberikan kejutan," tegasnya.

Anugerah Baiduri kali ini diberikan untuk yang ke-3 kalinya. Dari tahun ketahun peminat yang ikut berpartisipasi dalam seleksi penghargaan anugerah Baiduri terus meningkat.

Empat kategori pemenang yang diberikan penghargaan Baiduri adalah, perempuan yang pertama dalam bidangnya, berprestasi di bidangnya, yang berkarya, dan yang memiliki kegiatan di bidang tertentu dan terus menerus sepanjang hidupnya.

Sedangkan anugerah Sabitah adalah perempuan yang memiliki kemanfaatan bagi orang banyak akan tetapi yang bersangkutan sudah meninggal dunia .