441 calon haji Riau Kloter 2 Embarkasi Batam bergerak menuju Mekkah

id Kemenag Riau

441 calon haji Riau Kloter 2 Embarkasi Batam bergerak menuju Mekkah

Ilustrasi - Suasana pemeriksaan koper JCH asal Kabupaten Bangka di asrama haji Palembang Sabtu (13/7) sebelum diberangkatkan ke tanah suci Mekkah (babel.antaranews.com/kasmono)

Kota Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 441 calon haji adal Riau yang tergabung Kelompok Terbang (Kloter) 2 Embarkasi Batam, berdasarkan jadwal, menjadi rombongan pertama yang akan berangkat ke Mekkah pada Minggu, pukul 16.00 waktu setempat atau 20.00 WIB.

"Sesuai jadwal jamaah dari Kloter BTH(EmbarkasiBatam) 2 akan menempati hotel atau layanan akomodasi di Mekkah dan sebanyak 441 jamaah ditambah lima petugas akan diinapkan di Hotel Royal Makkah Hotel selama di Mekkah," kata Pranata Humas Ahli Kanwil Kemenag Riau Vethria Rahmi di Pekanbaru, Minggu.

Dia mengatakan jamaah calon haji Indonesia gelombang pertama yang telah berada di Madinah selama sepekan akan mulai bergerak ke Mekkah, tidak terkecuali jamaah dari Riau yang sudah sepekan berada di Madinah.

Jamaah calon haji Riau mulai diberangkatkan ke Mekkah pada Minggu , Kloter 2 BTHdanJCH BTH 1 Kepri. Jamaah yang berangkat umumnya telah melaksanakan shalat arbain di Masjid Nabawi. Jamaah juga sudah mengunjungi situs sejarah Islam, seperti Masjid Quba, Masjid Qiblatain, dan Jabal Uhud.

"Berdasarkan keterangan Rialis selaku ketua kloter ada seorang jamaah yang tidak berangkat ke Mekkah hari ini, yakni Zuresmi, karena dirawat di rumah sakit TKHI Indonesia, yang mengalami gagal jantung, diindikasi sudah bawaan dari Tanah Air," kata dia.

Semula anggota jamaah berjumlah 448 orang, termasuk petugas, Namun, tercatat satu orang wafat dan satu lainnya sakit dan tidak bisa ikut bersamakloter, sehingga yang akan diangkut ke Mekkah446 orang, termasuk petugas.

Para petugas yang terdiri atasTPHI, TPIHI, dan TKHD/TPHD beserta karu dan karom menggelar acara pemantapan di lantai dua hotel, tempat jamaah menginap.

Ketua kloter,Rialis, katanya, pada pertemuan sekaligus pemantapan itu, jamaah BTH 2 diingatkan untuk meletakkan koper besar di depan kamar masing-masing sebelum berangkat shalat subuh.

Sedikitnya ada beberapa hal yang ditekankan Rialis pada persiapan menuju Mekkah malam ini, yakni jamaah harus memastikan membawa tas tenteng masing-masing ketika turun shalat zuhur dan memasukkan ke bus sesuai dengan rombongan, jamaah diharapkan berada di bus pada pukul 14.00 waktu setempat untuk pengecekan paspor.

Jamaah laki-laki dianjurkan berpakaian ihram ketika shalat zuhur. Jamaah diminta memakai ihram di hotel tidak ada masalah, karena hal itusudah disosialisasikan saat bimbingan manasik di Tanah Air.

Mengingat waktu dan kondisi di lif antre, sebaiknya setelah shalat zuhur langsung naik bus. Jamaah shalat zuhur berjamaah di Masjid Nabawi dengan jamak, dilanjutkan shalat asar berjamaah dengan jamak taqdim bersama rombongan.

Sebelum zuhur,jamaah sudah makan siang, sedangkan selama perjalanan, masing-masing anggota jamaah akan diberi makan lagi.

Jamaah juga diingatkan mandiri dan menyiapkan mental serta fisik agar selalu prima, mengingatpuncak hajimasih beberapa waktu ke depan.

Baca juga: Tiba di Batam, 445 calhaj Bengkalis dalam keadaan sehat