Penumpang kapal roro Bengkalis keluhkan pelayanan

id Roro bengkalis,kapal bengkalis

Penumpang kapal roro Bengkalis keluhkan pelayanan

Terlihat penumpapukan kendaraan roda empat dipelabuhan Air Putih Bengkalis akibat molornya jadwal keberangkatan kapal pada Senin (17/06/2019).(Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Penumpang kapal jenis Roll-on/roll-off (RORO) di pelabuhan Air Putih Bengkalis Provinsi Riau mengeluh. Pasalnya, dua kali jadwal keberangkatan tujuan pelabuhan Sungai Selari molor akibat kapal yang melayani jasa angkutan tersebut mengalami kerusakan.

"Informasi yang beredar, tadi pagi ada dua kapal yang bersandar di pelabuhan roro Sungai Pakning. Sekitar jam 06.30 WIB, satu kapal yang dikelola PT. ASL telah bergerak dari pelabuhan sungai selari, namun tidak mengangkut penumpang alias berangkat kosong. Masyarakat harus menunggu trip kedua, malangnya kapal trip kedua yang dikelola oleh PT. JN rusak sehingga kembali pengguna jasa roro tidak berhasil diberangkatkan," keluh Alfiansuri salah seorang penumpang kapal, Senin.

Dikatakannya, karenamolornya keberangkatan roro ini, apalagi pada pagi hari banyak ASN yang berdomisli di sungai Pakning harus delay masuk kantor demikian juga mahasiswa yang harus masuk kuliah bahkan ada sebagian yang melaksanakan ujian tidak dapat mengikuti ujian sebagaimana yang telah dijadwalkan.

"Layanan roro bagi masyarakat kabupaten Bengkalis dan sekitar sudah menjadi objek vital bagi daerah ini, masyarakat pengguna roro tidak mau tahu persoalan teknis yang ada di perusahaan pengelola layanan roro, karena masyarakat membayar untuk mendapatkan jasa ini," ungkap Alfiansuri yang juga berprofesi sebagai Dosen Politeknik Bengkalis tersebut.

Selain itu, ia juga menilai dengan kejadian ini berdampak terhadap kemajuan daerah, salah satunya terhadap mobilisasi barang dan jasa yang harus menjadi prioritas utama

"Dinas perhubungan sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap kelancaran barang dan jasa di Kabupaten ini harus mengevaluasi, menegur bahkan berhak untuk mengklaim kepada pihak ketiga yang mengelola layanan roro Bengkalis-Pakning ini. Inilah urat nadinya ekonomi kabupaten ini," ungkapnya lagi.

Sekretaris Dinas Perhubungan Bengkalis Zul Asri ketika dikonfirmasi akan memanggil pihak manajemen dua perusahaan kapal tersebut, karena kejadian molornya jadwal keberangkatan merugikan masyarakat banyak dan tidak ada alasan kapal tersebut mengalami kerusakan.

"Kita akan panggil pihak kapal, dari informasi yang saya dapatkan karena persoalan internal pihak perusahaan dengan kru kapal, akan tetapi ini tidak bisa dijadikan alasan karena mereka kita pakai untuk pelayanan kepada masyarakat," tegas ZulAsri.