Polres Siak kawal langsung bus agar sopir tidak ugal-ugalan

id arus balik, berita siak, lebaran 2019

Polres Siak kawal langsung bus agar sopir tidak ugal-ugalan

Personel Satlantas Polres Siak mengawal dan mendampingi sopir bus.(istimewa)

Siak, Riau (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Siak, Riau, kembali melakukan pengawalan langsung terhadap bus-bus penumpang seperti yang dilakukan pada arus mudik lalu guna mencegah sopir ugal-ugalan yang bisa membahayakan penumpang.

"Kita sudah melakukan pengawalan langsung pada arus mudik lalu. Begitu juga sebaliknya pada saat arus balik ini," kata Kepala Satlantas Polres Siak, AKP Birgitta Atvina Wijayanti di Siak, Minggu.

Pengawalan langsung dengan personel kepolisian masuk ke dalam bus dilakukan terutama di Jalur Pekanbaru-Duri yang melewati wilayah Kabupaten Siak yakni di Kecamatan Minas dan Kandis. Jalur tersebut juga merupakan Jalur Utara Lintas Riau-Sumatera Utara di mana kepadatan arus balik mulai terlihat.

Polres Siak sendiri mendirikan Pos Pengamanan dan Pelayanan Polres di Kilometer 40 Minas yang hanya satu-satunya Posko Lebaran di Siak. Dua lagi ada di Istana Siak Sri Indrapura hanya pos pengamanan dan di Pelabuhan Tanjung Buton hanya pos pelayanan.

Posko hanya dipusatkan di Jalan Lintas Minas dikarenakan pertimbangan letaknya strategis terhadap sejumlah titik rawan terjadinya kecelakaan, sehingga diharapkan mudah terpantau dengan unit patroli. Oleh karena itu, dalam tugasnya kepolisian memberikan imbauan kepada pengemudi kendaraan di berbagai tempat dan kesempatan.

Salah satunya dengan pengawalan langsung terhadap bus-bus yang melintas di seputaran jalur Minas ini sebagai salah satu upaya mencegah terjadinya kecelakaan. Contohnya bus dari Medan, Sumatera Utara menuju Pekanbaru maupun ke wilayah Sumatera bagian selatan lainnya yang melalui jalur lintas timur.

"Kita mengawal sampai ke perbatasan dengan Siak yakni Pekanbaru," ungkap kasat.

Selain jalur di atas pengawalan juga melakukan pengawalan untuk bus dari atau menuju Pelabuhan Tanjung Buton, Siak. Di sana merupakan transportasi laut ke/dari Kepulauan Meranti, dan juga ke Provinsi Kepulauan Riau, Batam maupun Tanjung Pinang.