H-4 Lebaran, Pemudik dari Malaysia meningkat di Pelabuhan Dumai

id pemudik dumai,pelabuhan dumai,Mudik lebaran 2019,Arus mudik,Lebaran 2019,Idul fitri 1440 h,Berita riau terbaru,Berita riau antara

H-4 Lebaran, Pemudik dari Malaysia meningkat di Pelabuhan Dumai

Penumpang kapal cepat dari Melaka Malaysia yang didominasi pemudik tiba di pelabuhan Pelindo I Dumai di Dumai, Riau, Kamis (30/5/2019) ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/aww.

Dumai (ANTARA) - Penumpang mudik angkutan laut di Pelabuhan Internasional Pelindo I Dumai pada Sabtu (1/6) mulai meningkat drastis mencapai lebih 100 persen mendekati hari raya Idul Fitri1440 Hijriah, dari biasa hanya 1 kapal berangkat ke Malaysia menjadi tiga sedangjanuntuk kedatangan ada 5 armada.

Humas PT Pelindo I Dumai Muhammad Syafei mengatakan, penumpang turun atau datang lebih banyak terjadi di pelabuhan, yaitu 4 kapal dari Malaka dan Port Dickson dengan total penumpang 1.002 orang.

Sedangkan kapal yang diberangkatkan mengangkut penumpang mudik dari Pelabuhan Internasional Pelindo Dumai sebanyak 3 Kapal, tujuan Malaka dan Port Dickson dengan total 793 penumpang.

"Puncak arus mudik terjadi hari ini, dengan lima kapal untuk kedatangan dan tiga keberangkatan dari Malaka dan Port Dickson Malaysia," kata Syafei, Sabtu.

Penumpang angkutan laut di Pelabuhan Internasional Dumai ini berangkat ke Malaka dimulai pukul 08.00 Wib dan 12.30 Wib menggunakan armada Kapal Indomal I dan Indomal II, kemudian Malaysia Express pukul 12.00 Wib.

Sementara, penumpang turun di pelabuhan dari Malaka diangkut dua armada, yakni Malaysia Express I pukul 11.30 Wib dan Indomal 2 pukul 12.30 Wib, sementara ke Port Dickson dengan Indomal 5 pukul 13.00 Wib dan Indomal 8 pukul 14.00 Wib.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Dumai Sanggam Marihot menyebutkan, angka kedatangan penumpang laut di pelabuhan akan mengalami peningkatan, dan kesyahbandaran telah menyiapkan sejumlah fasilitas arus mudik.

Untuk menunjang pelayanan bagi pemudik datang dan berangkat dari Dumai, KSOP menyiapkan pos pengamanan, pos kesehatan dan lain sebagainya dengan berkoordinasi instansi terkait, seperti Pemkot Dumai, Polri dan Pelindo.

"Pelayanan angkutan laut untuk pemudik di pelabuhan Dumai dilayani di dua titik, yaitu dalam negeri di Pelabuhan Bandar Sri Junjungan dan luar negeri di Pelabuhan Internasional PT Pelindo I Cabang Dumai," kata Sanggam kepada pers.

Baca juga: Ada 100 puskesmas di Riau siaga selama mudik Lebaran

Baca juga: Kota Bengkalis gemerlap Lampu Colok 27 Ramadhan