Harga bawang putih Rp60 ribu/kilo di Dumai. Kok bisa?

id harga bahan pokok,harga bawang putih,ramadhan 2019,berita riau antara,berita riau terbaru

Harga bawang putih Rp60 ribu/kilo di Dumai. Kok bisa?

Pedagang menimbang bawang putih dagangannya di Pasar Kolpajung, Pamekasan, Jawa Timur, Jumat (3/5/2019). Menjelang bulan Ramadhan 1440 H, harga bawang putih di Pemekasan naik dari sebelumnya Rp40 ribu menjadi Rp60 ribu per kg. ANTARA FOTO/Saiful Bahri/nz (ANTARA FOTO/SAIFUL BAHRI)

Dumai (ANTARA) - Pedagang di Pasar Tradisional Bunda Sri Mersing Kota Dumaimengeluhkan harga komoditi bawang putih melonjak tajam hingga menembus Rp60 ribu per kilogram dalam sepekan ini, sehingga sulit untuk dijual dan stok masih banyak.

Seorang pedagang Halimah menyebut bahwa harga sejumlah bahan pokok sudah naik sejak dua pekan lalu mendekati masuk Ramadhan, dan bawang putih yang paling tinggi alami kenaikan.

"Bawang putih harga nya capai Rp60 ribu dari Rp 40 ribuan, naik terus sejak sepekan ini, yang lain juga naik tapi tidak tajam," kata Halimah ditemui wartawan, Sabtu.

Baca juga: Kemendag operasi pasar bawang putih di Pekanbaru, harga grosir Rp22.500/kilogram

Mendekati bulan puasa bagi umat muslim ini, harga bawang merah dan cabai merah asal Sumatera Barat juga naik rata rata Rp4 ribu per kilogram, atau dari Rp36 ribu menjadi Rp40 ribu perkilo, cabai rawit Rp40 ribu dari Rp36 ribu per kilogram.

Bahan pokok lain yang merangkak naik, kentang asal Medan Sumatera Utara Rp12 ribu dari Rp10 ribu per kilogram, tomat dari Rp10 ribu ke Rp14 ribu perkilo, wortel Rp14 ribu dari Rp12 ribu per kilogram.

Harga sayuran juga ikut meningkat dijual pedagang di Pasar Bunda Sri Mersing dikelola Pemkot Dumai ini, di antara nya, daun sup Rp40 ribu dari Rp30 ribu perkilogram, selada Rp32 ribu ke Rp40 ribu

"Menyambut puasa ini banyak permintaan dan persediaan didatangkan dari sumatera barat, kita harap distribusi dari daerah asal lancar dan tidak ada kendala," sebutnya.

Pantauan di lapangan, harga gula pasir turut mengalami kenaikan rata rata Rp1.000 per kilogram, atau dari Rp12 ribu menjadi Rp13 ribu perkilogram, telur ayam masih normal Rp35 ribu hingga Rp40 ribu per papan isi 30 butir.

Diketahui, baru ini dilakukan operasi pasar murah bawang putih oleh Dinas Perdagangan di lokasi pasar tradisional, untuk membantu masyarakat, mengacu pada inflasi terjadi di daerah, dengan arga bawang putih impor dijual hanya Rp 30 ribu per kilogram.

Baca juga: Kabulog : Impor bawang putih tak disetujui seorang menteri
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar