Ahli perminyakan dan geologi Chevron berbagi ilmu di UIR

id Chevron pacific indonesia,universitas islam riau,cadangan minyak riau,berita riau antara,berita riau terbaru

Ahli perminyakan dan geologi Chevron berbagi ilmu di UIR

Ahli-ahli perminyakan dan geologi PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) berbagi ilmu dengan para dosen dan mahasiswa jurusan Teknik Perminyakan Universitas Islam Riau (UIR). (Antaranews/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Ahli-ahli perminyakan dan geologi PT. Chevron PacificIndonesia (CPI) berbagi ilmu dengan para dosen dan mahasiswa jurusan TeknikPerminyakan Universitas Islam Riau (UIR).

Diskusi mengangkat tema tentang geologiregional Cekungan Sumatera Tengah (Central Sumatera Basin) dan lapangan minyakDuri, serta penerapan teknologi injeksi uap (steamflood) yang telah terbukti berhasil meningkatkan produktivitas dan memperpanjang usia Lapangan Duri secara signifikan.

Kegiatan ini juga dihadiri dan didukung oleh ahli teknologi injeksi uap dari unit Heavy OilChevron Energy Technology Company (Chevron ETC) yang berpusat di California.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 150 peserta yang berlangsung di Aula Fakultas Teknik, Kampus UIR, pada Rabu.

Kuliah tamu ini merupakan bagian dari ProgramKemitraan dengan Universitas (University Relationship Program/ URP) antara PT CPIdengan sejumlah perguruan tinggi terkemuka di Provinsi Riau, salah satunya UIR.

"Programini bertujuan meningkatkan mutu pendidikan dan kapasitas dosen dan mahasiswa di Riau sehingga diharapkan dapat membantu peningkatan akreditasi

jurusan," kata Wahyu Budiarto selaku Sr.VP Corporate Affairs PT CPIdalam siaran pers kepada ANTARA, di Pekanbaru.

Empat ahli perminyakan dan geologi PT CPI dan Chevron ETC yang membagikan ilmunya adalah Ilmy Razanindra (Advisor Petroleum Engineer),SpencerC. Franks

(Thermal Project Engineering Specialist); Abdullah Faisal Talib (Team Manager EarthScience), dan Juan David Munoz (Technology Development & Global Thermal Advisor).Para peserta tampak antusias mendengarkan dan mendiskusikan penerapan teknologiinjeksi uap yang merupakan salah satu keunggulan PT CPI dalam mengelola lapangan minyak.

"Kegiataninijuga bagian dari komitmen Perusahaan kami untuk turut mengembangkan sumber daya manusia di Provinsi Riau, dalam hal ini di bidang perminyakan," ujarnya.

Baca juga: PT CPI kerjasama dengan 4 perguruan tinggi di Riau tingkatkan kualitas

Pembukaan kuliah tamu setengah hari itu dihadiri oleh Wakil Dekan III Fakultas Teknik UIR Ir. Syawaldi, M.Sc.

"Kami menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan hari ini. Kontribusi Chevron terhadap UIR, khususnya Teknik Perminyakan, telah berjalan secara berkesinambungan hingga saat ini," kataSyawaldi.

Dia meminta para mahasiswanya memanfaatkanprogram kuliah tamu tersebut untuk menambah ilmu di bidang perminyakan yang mereka pelajari. Program URP diharapkan dapat mendukungpeningkatan akreditasi Teknik Peminyakan UIR menuju akreditasi A.

Pada 15 Maret lalu, PT CPI menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum ofUnderstanding) kerja sama dengan empat perguruan tinggi terkemuka di Provinsi Riau,

yakni Universitas Riau (Unri), Universitas Islam Riau (UIR), Universitas Lancang Kuning(Unilak) dan Universitas Muhammadiyah Riau (Umri).

Program Kemitraan dengan Universitas ini sudah berjalan sejak 2010. Lingkup bantuan mencakup kegiatanpeningkatan mutu sumber daya manusia di antaranya melalui kuliah tamu, seminar,kunjungan lapangan, dan publikasi jurnal dalam rangka meningkatkan akreditasi jurusan. Jurusan yang menerima bantuan pendidikan tersebut adalah Teknik KimiaUnri, Teknik Perminyakan UIR, TeknikElektro Unilak danFMIPA Kimia Umri.

PT. CPI merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesiayang mengoperasikan Blok Rokan di Riau. Dalam mengoperasikan blok migas, PT. CPIbekerja di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas. Dengan inovasi dankomitmen karyawan yang sangat terampil dan berdedikasi, PT. CPI menjadi salah satuprodusen minyak mentah terbesar di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energidalam menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Baca juga: Vidio - Blok Rokan baru 2/3 digarap, Dirut Pertamina ajak mahasiwa Riau kolaborasi

Baca juga: Chevron Bersihkan Tanah Riau Terkontaminasi Minyak Sebelum Kontrak Habis 2021