Umum - KONI Dumai: Kebutuhan Sarana Olahraga Sudah Mendesak

id umum -, koni dumai, kebutuhan sarana, olahraga sudah mendesak

Dumai, 5/10 (ANTARA) - Kebutuhan sarana dan prasarana olahraga seperti Gedung Olahraga (GOR) sudah sangat mendesak untuk diadakan mengingat Pekan Olahraga Daerah (Porda) dan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012 di Riau yang kian dekat.

Selain sebagai tempat pemusatan pelatihan atlet, GOR juga bermanfaat memberikan motivasi dan semangat atlet dalam berlatih dan meraih prestasi untuk daerah, kata Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Kota Dumai, Zamzibar, Senin.

Sejauh pengamatan Zamzibar, meski minim fasilitas olahraga, tetap saja perkembangan olahraga di Kota Dumai dari tahun ke tahun menunjukkan grafik yang terus meningkat.

"Hal ini dapat dilihat dari catatan prestasi atlit Dumai pada Porda tahun 2009 yang meraih peringkat ketiga dari 12 kabupaten/kota se-Riau," paparnya.

Sebelumnya, katanya, pada Porda 2002 mereka berada di urutan ketujuh dan beranjak naik pada Porda 2006 dengan peringkat keempat se-Riau.

"Waktu itu dan saat ini, fasilitas olahraga yang ada hanya lapangan takraw milik Pemkot Dumai dan selebihnya untuk latihan pembinaan atlit kita serahkan masing-masing ke pihak pengurus cabang olahraga yang ada," ungkapnya.

Guna mengembangkan prestasi dunia olahraga Dumai, menurutnya, sudah sepatutnya Dumai memiliki sebuah gedung olahraga yang permanen dan representatif untuk pemusatan latihan atlit.

Menurutnya, kurangnya kesadaran pengusaha dan perusahaan swasta yang berdiri di Dumai memberikan dukungan terhadap perkembangan cabang olahraga juga merupakan penyebab minimnya infrastruktur olahraga di Dumai.

Dengan alokasi anggaran olahraga sebanyak Rp1,7 miliar dalam APBD Kota Dumai 2010, terangnya, hanya bisa dipergunakan untuk pembinaan dan pengelolaan Sekretariat KONI yang berkedudukan di Kantor Terpadu Pemkot Dumai yang berada di Jalan Subrantas.

Sementara, terangnya, untuk pembinaan kepada atlit, KONI hanya membantu berdasarkan kebutuhan pelaksanaan ivent kegiatan olahraga yang dibuat oleh pengurus cabang tersebut melalui prosedur pengajuan anggaran.

Penggunaan anggaran KONI Dumai pada tahun anggaran 2010, jelasnya, sebesar Rp130 juta dab Rp80 juta untuk mendukung pelaksanaan kegiatan turnamen taekwondo dan Rp50 juta untuk event Porwil Kempo Sumatera yang berlangsung di Dumai.