Plt Bupati Siak ikuti peresmian 600 pasar rakyat

id Siak. Pasar Rakyat. Kementrian Perdagangan.

Plt Bupati Siak ikuti peresmian 600 pasar rakyat

Acara Pasar Rakyat Award 2019 di Tanggerang. (Istimewa)

Siak, Riau (ANTARA) - Pelaksana Tugas Bupati Siak, Alfedri menghadiri acara Pasar Rakyat Award 2019 sekaligus rapat kerja Kementerian Perdagangan. Kegiatan peresmian 600 pasar rakyat dan pemberian penghargaan ini dilaksanakan di Garuda Exhibition Hall 3A Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kota Tanggerang, Banten, Selasa (12/03).

Acara dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dihadiri seluruh kepala daerah, beserta kepala dinas pasar dan pengurus pasar se-Indonesia.

Dikatakan Alfedri, presiden meminta agar pasar konvensional tidak tertinggal dengan pasar daring sehingga perlu diupayakan perbaikan ekosistem

"Untuk meningkatkan minat masyarakat agar berbelanja di pasar, presiden berpesan agar pasar di setiap daerah itu bersih, sehat, tersedia tempat parkir dan tidak bau. Ini akan meningkatkan minat masyarakat untuk berbelanja di pasar," kata Alfedri menyampaikan pesan orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Plt Bupati Siak, Alfedri Menghadiri Acara Pasar Rakyat Award 2019 di Tanggerang. (Istimewa)


Selain itu, kemasan produk juga harus dibenahi dan merek supaya jelas agar bisa menarik konsumen. Ini tentunya untuk meningkatkan minat masyarakat untuk membeli atau bertransaksi di pasar.

Dari 600 pasar rakyat yang dibangun maupun direvitalisasi pada tahun 2018, di Siak ada Pasar Rakyat Tuah Raja yang berada di Kecamatan Tualang. Soal harga jual kebutuhan pokok, Plt Bupati mengklaim stabil karena selalu dipantau oleh dinas pasar.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa

dari tahun 2015-2018 pembangunan dan revitalisasi pasar mencapai 4.211 pasar rakyat. Sementara di tahun 2019 pemerintah melalui menargetkan membangun dan revitalisasi pasar rakyat berjumlah 1.037 unit.

Dia juga menyampaikan data bahwa Indonesia mengalami inflasi pada tahun 2018 sebesar 3.13 persen dan inflasi bahan makanan sebesar 3,41 persen. Untuk pertumbuhan ekspor, ditahun 2018 meningkat menjadi 20 persen dari 15 persen pada 2017. (adv)