Aktifitas Pelabuhan Sei Duku Pekanbaru kembali normal pascalibur akhir tahun

id pelabuhan pekanbaru,pelabuhan sungai duku pekanbaru,tahun baru 2019,pelabuhan

Aktifitas Pelabuhan Sei Duku Pekanbaru kembali normal pascalibur akhir tahun

Suasana Pelabuhan Sei Duku Pekanbaru pascalibur akhir tahun 2018 (vera)

Pekanbaru (Antaranews Riau) - Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengelola Pelabuhan Sei Duku Kota Pekanbaru menyatakan aktifitas arus penumpang yang menggunakan jalur laut memasuki hari ke-2 pascalibur akhir tahun sudah normal kembali.

"Hari ini kapal feri pengangkut penumpang sudah beroperasi normal, setelah sebahagian besar libur tanggal 1 Januari 2019," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis DaerahPelabuhan Sei Duku Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Hoirul Efendi, kepada antara di Pekanbaru, Rabu.

Baca juga: INSA Dumai tolak penerapan sistem pembayaran nontunai

Hoirul Efendi menjelaskan saat tanggal merah tepatnya 1 Januari 2019 hanya ada dua kapal feri yang beroperasi mengantar penumpang, dikarenakan sepinya pemudik akibat libur.

"Selasa kemaren yang beroperasi cuma Jelatik dan SB. Siak Wisata, sedangkan hari ini tanggal 2 Januari sudah normal semua kapal kecuali Jelatik," tuturnya.

Menurut Hoirul Efendi saat normal jumlah kapal feri yang beroperasi mencapai tujuh dengan rata-rata penumpang kedatangan maupun keberangkatan 200 orang.

"Tujuh kapal feri ini melayani ke Perawang, Siak, Selatpanjang dan Bengkalis dan sebaliknya," imbuhnya.

Ia merincikan jumlah penumpang Sei Duku pada 1 Januari hanya 169 keberangkatan dan 139 kedatangan dengan menggunakan dua kapan feri. Dibandingkan Januari tahun 2017 lalu jumlah penumpang ini meningkat sebab pada saat itu operasional pelabuhan Sei Duku libur total sehingga datanya nol.

Sedangkan saat puncak libur panjang Natal dan Tahun Baru 2018, sambung pria yang mengaku baru menjabat dua bulan itu di posisi tersebut jumlah penumpak dalam sehari bisa menembus 609 untuk keberangkatan saat tanggal 25 Desember. Serta 509 untuk kedatangan.

"Sedangkan jumlah penumpang libur akhir tahun Kamis (27/12) kemaren jelalui Pelabuhan Sei Duku tercatat naik lagi mencapai 538 sehari untuk kedatangan dan 474 keberangkatan," ujarnya.

Ia menambahkan untuk sposko siaga masih dibuka hingga H+7 atau 8 Januari.

Sementara itu Kepala Dishub Pekanbaru Kendi Harahap menyatakan untuk arus mudik jalur laut di Pelabuhan Sei Duku, pihaknya tidak ada penambahan armada kapal. "Sejauh ini arus mudik dan balik libur tahun baru aman dan terkerndali tidak ada kejadian," ujar Kendi.

Menurut Kendi tujuh kapal yang beroperasi melalui Pelabuhan Sei Duku saat hari biasa sejauh ini jumlahnya sama. Hanya jumlah penumpang yang naik.

"Setahu saya kapal yang beroperasi masih sama tujuh ke Perawang, Siak, Selatpanjang dan Bengkalis," imbuhnya.

Baca juga: Cara unik sambut wisman pertama di tahun baru bikin turis Amerika terpesona

Baca juga: Warga Pekanbaru Tunggu Pergantian Tahun Baru Dengan Menikmati Jagung Bakar