Pekanbaru Sampaikan R-APBD 2019 Naik Rp2,5 Triliun

id pekanbaru sampaikan, r-apbd 2019, naik rp25 triliun

Pekanbaru Sampaikan R-APBD 2019 Naik Rp2,5 Triliun

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru telah menyampaikan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (R-APBD) tahun 2019 sebesar Rp2,5 triliun kepada DPRD setempat.

"Secara umum R-APBD Pekanbaru 2019 dirancang naik menjadi Rp2,5 triliun," kata Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi di Pekanbaru, Selasa.

Ayat Cahyadi menjelaskan memang semula R-APBD Pekanbaru diestimasi sebesar Rp2,2 triliun, namun akhirnya dinaikan menjadi Rp2,5 triliun.

"Pemko sudah sampaikan kepastian kenaikan R-APBD Pekanbaru 2019 tersebut pada rapat Paripurna Penyampaian Nota Keuangan Pemerintah kepada DPRD Pekanbaru, yang digelar Senin (12/11) kemaren," terang Ayat.

Ayat menjelaskan adapun penyesuaian yang membuat estimasi RAPBD 2019 naik diantaranya ada penambahan anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) untuk para CPNS baru yang diterima tahun ini. Lalu anggaran ini disesuaikan daerah dengan memasukkan pada mata anggaran.

"Jadi kenaikannya hanya untuk CPNS baru yang disiapkan tahun 2019," imbuhnya.

Selain itu Ayat menyampaikan Pemko untuk pengajuan RAPBD 2019 waktunya sesuai dengan tahapan-tahapan sebagaimana diatur oleh Permendagri No 38 tahun 2018. Selain juga mengacu ke RKPD dan KUA-PPAS.

Untuk pengajuan RAPBD 2019 tersebut sambung Ayat Pemko berharap segera dilakukan pembahasan oleh DPRD, sehingga bisa ketuk palu sebelum batas ketentuan yakni akhir tahun.

"Mudah-mudahan ini bisa dibahas bersama DPRD. Kami harapkan November ini selesai dibahas lebih bagus, agar diawal tahun anggaran 2019 kegiatan-kegiatan bisa dilaksanakan," harap Ayat Cahyadi.

Sementara itu pimpinan rapat DPRD Sahril mengatakan, menyampaikan bahwa pihaknya akan melanjutkan pembahasan dan evaluasi, terkait RAPBD tahun 2019.

"Pembahasan rutinnya sudah dilaksanakan di KUA- PPAS. Tentu ini nanti hanya mengevaluasi, apakah yang disampaikan sesuai dengan yang dimasukkan," sebutnya.

Mengenai tahapan pembahasan, pihaknya sudah melakukan antara komisi-komisi dan mitra kerja OPD, serta badan anggaran (Banggar).

"Pengesahan kita targetkan bulan ini. Kalau tidak ada halangan, bisa saja minggu depan," janji Sahril.