43 Bacaleg PKB Kabupaten Rokan Hilir Menandatangani Pakta Integritas

id 43 bacaleg, pkb kabupaten, rokan hilir, menandatangani pakta integritas

43 Bacaleg PKB Kabupaten Rokan Hilir Menandatangani Pakta Integritas

Istimewa

Oleh Dedi Dahmudi

Rokan Hilir,(Antarariau.com) - DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau menandatangani Pakta Integritas bagi 43 Bacaleg yang menggunakan perahu PKB dalam mengikuti Pemilihan Legislatif 2019 mendatang.

Ketua DPC PKB Rohil Syarifuddin di Bagansiapiapi, Senin (17/9) sore mengatakan, penandatanganan pakta integritas itu dilakukan agar seluruh calon yang duduk sebagai anggota dewan mau menyisihkan gajinya untuk diserahkan kepada Calon Legislatif (Caleg) yang gagal meraih kursi.

"Tentunya kita akan menetapkan kriteria bagi Caleg yang gagal meraih kursi. Jika dia laki-laki harus memperoleh suara 500 ke atas. Kalau Caleg perempuan suara yang diperoleh 250 ke atas," katanya.

Syarifuddin mengatakan, jumlah keseluruhan Caleg dari PKB Rohil untuk DPRD Kabupaten berjumlah 43 orang, DPRD Provinsi dan DPR RI masing-masing tujuh orang.

"Mereka ini 60 persen dari internal PKB dan 40 persennya diluar kader, seperti pensiunan PNS. Ada beberapa Bacaleg yang kita ambil dari mantan birokrasi yang sudah pensiun seperti Camat dan Lurah. Ini dilakukan mengingat DPRD dan Pemkab Rohil bermitra," tuturnya.

Wakil Ketua DPRD Rohil itu juga mengungkapkan, agar target anggota Bacaleg ini dapat tercapai, berbagai upaya dilakukan oleh para Caleg dengan turun langsung dan mendengarkan masukan-masukan dari masyarakat.

"Kalau sudah ditetapkan DCT pada 23 September nanti, kita harapkan seluruh Caleg melakukan roadshow sosialisasi melalui masing-masing daerah pemilihan (Dapil). Misalnya, Dapil 1 akan kita undang KPU, Bawaslu, tokoh masyarakat dan nanti akan kita publikasikan mereka," ujarnya.

Sosialisasi ini, sambungnya lagi, tidak tertutup juga akan didampingi Caleg Dapil lain yang masih dalam ruang lingkup wilayah Rohil dengan bersinergi dengan Caleg Provinsi.

"Upaya ini dilakukan agar PKB mencapai target enam kursi yang sebelumnya hanya memperoleh lima kursi di DPRD Rohil pada Pemilu 2014 lalu," demikian Syarifuddin.