82 bacaleg DPRD Meranti gugur dalam penetapan DCS

id Bacaleg DPRD Meranti, tidak memenuhi syarat, daftar caleg sementara

82 bacaleg DPRD Meranti gugur dalam penetapan DCS

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti saat melaksanakan Pleno Penetapan Daftar Calon Sementara (DCS). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatan Panjang, Riau (ANTARA) - Sebanyak 82 bakal calon anggota legislatif di DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, gugur atau tidak memenuhi syarat (TMS) sehingga tidak masuk Daftar Calon Sementara (DCS) berdasarkan pleno penetapan olehKomisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Meranti Abu Hamiddi Selatpanjang, Minggu, mengatakan berdasarkan hasil verifikasi dan perbaikan, ada sebanyak 391 berkas bacaleg yang memenuhi syarat sedangkan 82 lainnya tidak memenuhi syarat.

"Dari 473 bekas bacaleg yang telah melalui verifikasi dan perbaikan, hanya terdapat 391 berkas yang memenuhi syarat dan telah diputuskan masuk dalam DCS, dan 82 oranggugur," kata Abu.

Ia menyebutkan, penyebab bacaleg yang dinyatakan TMS karena adanya dokumen yang belum lengkap. Dokumen tersebut seperti ijazah, Kartu Tanda Penduduk dan lainnya yang tidak mampu para bacaleg penuhi.

"Yang TMS ini karena dokumennya belum lengkap," sebutnya.

Setelah penetapan DCS ini, kata Abu Hamid, pihaknya langsung mengumumkannya ke publik untuk mendapatkan masukan dari berbagai pihak dan tanggapan masyarakat. Tahapan ini berlangsung sejak mulai pengumuman pada 19 hingga 28 Agustus 2023.

"Misal ada tanggapan masyarakat yang mengakibatkan bacaleg TMS, maka parpol bisa melakukan penggantian bacaleg sementara dalam masa pengajuan hingga nanti penetapan Daftar Calon Tetap (DCT). Namun dalam pergantian ini, berkas bacaleg harus dinyatakan lengkap," terangnya.

Adapun tahapan selanjutnya, tambahnya, yakni masa pemberitahuan penggantian DCS pada 11-13 September 2023. Lalu pengajuan pengganti DCS pada 14-20 September 2023.

“Harapan kita, dengan diumumkannya DCS, maka masyarakat akan diketahui latar belakang bacaleg yang mereka pilih. Kita berharap mulai dari tahapan ini, hingga tahapan berikutnya berjalan aman dan lancar sesuai dengan apa yang kita inginkan,” ungkapnya.