Raih Juara Guru Berprestasi Tingkat Nasional 2018, Tenaga Pendidik Asal Inhu Harumkan Nama Daerah

id raih juara, guru berprestasi, tingkat nasional, 2018 tenaga, pendidik asal, inhu harumkan, nama daerah

Raih Juara Guru Berprestasi Tingkat Nasional 2018, Tenaga Pendidik Asal Inhu Harumkan Nama Daerah

Ilustrasi

Rengat, (Antarariau.com) - Tenaga Pendidik asal Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau berhasil mengharumkan nama daerah di Tingkat Nasional, guru bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Seberida bernama Alus Mushar Laili berhasil meraih juara nasional dengan posisi harapan tiga.

" Ia lolos pada lomba guru berprestasi Tingkat Nasional 2018," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Indragiri Hulu Ujang Sudrajad di Rengat, Rabu.

Ia mengatakan, dengan perolehan prestasi itu menambah jumlah guru yang telah mengharumkan nama baik Indragiri Hulu di Tingkat Nasional, ini menjadi kebanggan tersendiri dan menjadi motivasi semua guru yang ada untuk ikut meningkatkan mutu.

Alus Mushar meraih piagam penghargaan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta uang pembinaan, dengan kesuksesan itu hendaknya dapat terus memberikan masukan dan berbagi ilmu kepada semua tenaga pendidikan di daerah.

" Kami menyampaikan terima kasih dan semoga selalu sukses," sebutnya.

Guru SMPN I Seberida Alus Mushar lalili diminta keterangannya mengatakan, beruntung mendapatkan kesempatan untuk berlomba di Tingkat Nasional, karean selain bisa mengukur diri juga belajar lebih baik dengan tenaga pendidikan dariluar daerah.

" Atas prestasi tersebut, membuat kita semakin tekun belajar, menimba ilmu," ujarnya.

Menurutnya, lomba yang diikuti ini sangat bergengsi, karena seleksinya dimulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten hingga provinsi, telah lolos mengalahkan ratusan guru lain di Riau maupun nasional.

Alus panggilan akrabnya, merupakan utusan Provinsi Riau ketika mengikuti lomba guru berprestasi bersama 20 orang lainnya, pada lomba tersebut menampilkan tentang penelitian tindakan di kelas, hal ini lebih mengarah kepada upaya memotivasi pelajar dalam pembelajaran.

Selama mengikuti lomba di tingkat Nasional, Alus harus mengikuti lima tahapan di antaranya portofolio, kepribadian, tes tertulis, presentasi dan wawancara, Penguji di setiap tahapan itu semuanya bertitel Professor dari lima universitas ternama.

" Selama mengikuti lomba yang berlangsung sejak tanggal 11 hingga 18 Agustus 2018 telah mendapatkan pengalaman yang berharga," terangnya.