Bupati Berharap Pramuka Menjadi Garda Terdepan Perekat Persatuan NKRI

id bupati berharap, pramuka menjadi, garda terdepan, perekat persatuan nkri

Bupati Berharap Pramuka Menjadi Garda Terdepan Perekat Persatuan NKRI

Istimewa

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, Mursini menyebutkan bahwa Pramuka harus menjadi garda terdepan perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), selain itu organisasi ini diharapkan semakin berkembang dapat membantu program pemerintah.

"Saya bangga atas kemajuan Pramuka, di Kuansing sangat baik," katanya di Teluk Kuantan, Senin.

Ia menambahkan pada peringatan hari Pramuka ke-57 tahun 2018 yang digelar Kwartir Cabang pada Minggu 19 Agustus 2018 yang dipusatkan Desa Titian Modang Kopah, Kecamatan Kuantan Tangah berjalan lancar, aman.

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kuantan Singingi (Kuansing) sukses merespon aspirasi masyarakat, acara tersebut mendapat perhatian semua pihak dan terlihat sangat memberikan dukungan, hingga prosesi kegiatan sangat meriah.

"Pramuka tetap konsisten dan fokus mendidik karakter kaum muda Indonesia untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," lanjutnya.

Menurutnya, pendidikan kepramukaan yang mendasarkan pada satya dan darma pramuka harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan pramuka sebagai pedoman bersikap dan berprilaku dan calon pemimpin masa depan Bangsa Indonesia.

Ia juga berpesan kepada setiap orang tua dan guru untuk tidak perlu ragu untuk memberikan kesempatan kepada putra dan putrinya untuk mengikuti kegiatan kepramukaan di gugus depan masing-masing.

"Saya meminta agar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdik-Pora) Kuantan Singingi mendorong terlaksananya akreditasi gugus depan dan sertifikasi pembina Pramuka," pintanya.

Karena, ini merupakan upaya mendukung implementasi kurikulum 2013 yang mewajibkan ekstrakurikuler pramuka di seluruh jenjang pendidikan, juga kepada para Camat secara ex officio menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Ranting (KMPR) harus memberikan dukungan moril dan finansial guna terselenggara pembinaan dan terwujudnya perkembangan gerakan pramuka di wilayah masing-masing.