947 Personel Gabungan Amankan Iringan Obor Asian Games

id 947, personel gabungan, amankan iringan, obor asian games

 947 Personel Gabungan Amankan Iringan Obor Asian Games

Pekanbaru (Antarariau.com) - Kepolisian Daerah Riau menyatakan sebanyak 947 personel gabungan TNI, Polri hingga Satuan Polisi Pamong Praja siap mengamankan iringan obor Asian Games 2018 yang akan singgah di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Siak pada 1-2 Agustus.

"Tidak kurang 947 personel kita libatkan karena ada dua tempat diamankan, Pekanbaru dan Siak," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto di Pekanbaru, Rabu.

Ia merincikan, personel gabungan tersebut terdiri dari 707 personel Polda Riau, Polresta Pekanbaru dan Polres Siak, serta 120 Personel TNI diperkuat 120 Personel Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

Sunarto mengatakan pengamanan akan dilangsungkan dengan penjgaan terbuka dan tertutup serta dilakukan pengalihan arus lalu lintas di sekitar areal kirab Api Obor Asian Games.

Obor Asian Games direncanakan tiba di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru Rabu petang nanti setelah menyelesaikan rute perjalanan di Provinsi Sumatera Utara.

Kedatangan Api Obor Asian Games rencananya juga bakal disambut dengan pengawalan dua jet tempur F16 Fighting Falcon dan dua Hawk 100/200 Black Panther.

Setibanya di Pekanbaru, Api Obor Asian Games kemudian langsung diarak ke Kabupaten Siak. Disana, Api Obor dijadwalkan singgah ke sejumlah tempat bersejarah, diantaranya Istana Siak.

Terpisah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau Doni Aprialdi memastikan persiapan penyambutan Obor Asian Games telah 100 persen,

Begitu juga pengamanan di jalan raya oleh Polda Riau cukup matang hingga Pemerintah Kota Pekanbaru dan Kabupaten Siak benar-benar siap menanti kedatangan api obor Asian Games tersebut.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Ahmad Hijazi mengatakan api obor dijadwalkan tiba di Pekanbaru pada 1 Agustus sore, dan akan disambut di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru oleh Gubernur Riau dan Forkopimda Riau.

"Setelah itu api akan bertolak menuju Siak hingga malam. Saat disana kita serahkan sepenuhnya untuk kegiatannya oleh pemerintah setempat," tuturnya.

Menjelang tengah malam api obor akan kembali ke Pekanbaru untuk diinapkan semalam di Gedung Daerah Jalan Gajah Mada sebelum bertolak ke Puncak Lawang, Bukittinggi, Sumatera Barat Kamis (2/8).

Riau merupakan jalur ke-27 yang dilewati api obor Asian Games setelah start pada 15 Juli 2018 dari Delhi India, dan pada jalur ke-18 masuk provinsi di Indonesia.