Sekda Harapkan HSNI Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan Di Inhil

id sekda harapkan, hsni bantu, tingkatkan kesejahteraan, nelayan di inhil

Sekda Harapkan HSNI Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan Di Inhil

Antara Foto

Tembilahan, (Antarariau.com) - Sekretaris Daerah Indragiri Hilir, Said Syarifuddin mengharapkan keberadaan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutana nelayan di Kabupaten Indragiri Hilir.

Harapan tersebut, disampaikan Sekda yang juga menjabat sebagai Ketua DPC HNSI Inhil Usai melantik pengurus ranting HNSI Kecamatan Keritang masa bakti 2018-2023, sekaligus meresmikan kampung nelayan yang merupakan binaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Inhil di wilayah setempat, Kamis, (10/5).

Dikatakannya, dengan adanya kampung nelayan diharapkan mampu menjadi sentral nelayan di Kecamatan Keritang dan bisa menambah penghasilan masyarakat setempat.

"Ini akan menjadi percontohan, yang akan kita usulkan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan agar kampung nelayan ini berskala nasional, karena memang kampung nelayan menjadi perhatian semua pihak, mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi hingga Pusat. Ini betul-betul semua dokumen harus dilengkapi, sehingga menjadi kampung nelayan dan dibina," ujar Sekda.

Ke depan, Sekda berharap keberadaan HNSI, Baznas dan pihak swasta dapat bersama-sama Pemkab Inhil berupaya mengangkat kesejahteraan masyarakat, khususnya para nelayan.

"Tadi kami diskusi, ada 60 kolam yang terlantar dan tidak dimanfaatkan. Insya Allah, kita bersama-sama dengan Dinas Perikanan dan Dinas Perkebunan Inhil yang mempunyai alat berat bisa membantu bagaimana memfungsikannya," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Baznas Inhil, Yunus Hasbi mengungkapkan kegembiraannya, karena bersama HNSI bisa membentuk kampung nelayan dan bisa langsung melihat calon penerima zakat yang ada di Kecamatan Keritang.

"Untuk saat ini, Baznas menyerahkan bantuan satu unit mesin penyedot lumpur, yang nantinya bisa digunakan di kolam-kolam ikan masyarakat," terangnya.

Sedangkan Ketua PAC HNSI Kecamatan Keritang yang dilantik, berjanji akan lebih giat meningkatkan potensi penghasilan masyarakat, khususnya para nelayan di wilayah setempat.

"Terima kasih atas bantuan yang telah diberikan kepada PAC HNSI Kecamatan Keritang," imbuhnya.

Kegiatan pelantikan pengurus HNSI Kecamatan Keritang dan peresmian kampung melayan binaan Baznas Kabupaten Inhil yang diberi nama "Kembang Bestari" Desa Pasar Kembang ini, turut dihadiri Kepala Dinas Perikanan Mukthar T, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan H Tantawi Jauhari, perwakilan Dinas Perkebunan, Camat dan Unsur Forkopimcam Keritang, serta undangan lainnya. (ADV)