Gulat - 18 Provinsi Bersaing Di Kejurnas Gulat Riau

id gulat -, 18 provinsi, bersaing di, kejurnas gulat riau

Pekanbaru, 13/7 (ANTARA) - Sedikitnya 189 atlet gulat dari 18 provinsi bersaing dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Gulat Junior 2010 memperebutkan Piala Menteri Olahraga di Pekanbaru, Riau, 11-14 Juli.

"Sebanyak 269 atlet dan ofisial dari 18 Pengurus Daerah Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (Pengda PGSI) mengikuti kegiatan yang telah berlangsung sejak Minggu, 11 Juli lalu," ujar Ketua Pengda PGSI Riau, Said Saqlul Amri, dalam laporannya pada pembukaan Kejurnas Gulat Junior 2010, di Pekanbaru, Selasa.

Ke-18 Pengda PGSI itu masing-masing dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimatan Barat, Kalimantan Timur, Kalimatan Selatan dan Papua Barat.

Nomor yang dipertandingkan yakni greco romawi dan gaya bebas pada kelas 48 kg, 50 kg, 55 kg, 60 kg, 66 kg, 74 kg, 84 kg dan 96 kg untuk putra, sedangkan untuk putri hanya mempertandingkan dua kelas yakni 48 kg dan 51 kg.

Wakil Ketua Dewan Pembina PGSI, Deddi S Komaruddin, dalam kata sambutan menyatakan para juara atlet gulat junior itu nantinya akan diambil untuk dibina dengan mengikuti pemusatan latihan gulat yang digelar PGSI.

Saat ini PGSI membina atlet gulat dengan memakai fasilitas Pusat Pendidikan dan Latihan Komando Pasukan Khusus (Pusdiklat Kopasus) dan dalam waktu dekat bakal dikirim ke Rumania sebagai bentuk persiapan menghadapi pesta olahraga Asian Games 2010 di Guangzhou, China, November 2010.

"Kejurnas ini merupakan salah satu bentuk pembinaan kita dalam memajukan olahraga gulat di Tanah Air dan kami juga telah melakukan persiapan bagi atlet-etlet gulat nasional berprestasi untuk tampil di Guangzhou pada November mendatang," jelasnya.

Pemerintah Provinsi Riau sendiri mendukung dan menyambut baik digelarnya olahraga gulat berskala nasional itu di Pekanbaru sebagai bentuk persiapan Riau menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII yang digelar pada Juni 2012.

"Gulat merupakan salah satu cabang olah raga yang dipertandingkan dalam PON ke-XVIII. Dengan digelarnya kejuaraan ini, maka diharapkan daerah yang akan menurunkan atletnya di nomor olahraga itu bisa mengukur kekuatan yang ada," jelas Sekda Riau, Wan Syamsir Yus menggantikan Gubernur Riau untuk membuka kejuaraan itu.