BKKBN Peringkat III Terbaik Penggunaan APBN di Riau

id bkkbn peringkat, iii terbaik, penggunaan apbn, di riau

BKKBN Peringkat III Terbaik Penggunaan APBN di Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - BKKBN Perwakilan Provinsi Riau meraih peringkat terbaik III tingkat Provinsi Riau dalam pengelolaan APBN semester I tahun 2018.

"Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Riau Nomor KEP-71/WPB.04/2018," kata Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Riau, Agus Putro Proklamasi di Pekanbaru, Rabu.

Menurut Agus keberhasilan BKKBN Provinsi Riau sebagai pengelola anggaran terbaik adalah atas arahan dan komitmen bersama dalam mematuhi ketentuan dan aturan yang berlaku, dalam Tata Kelola Keuangan yang Akuntabel.

Ia mengatakan, seluruh jajaran pelaksana di kantor Perwakilan BKKBN Riau dalam kegiatan mempunyai komitmen bersama untuk memenuhi aturan yang telah digariskan.

"Tidak ada pasang target untuk periode semester anggaran berikutnya dan kita hanya mengikuti tata kelola yang ditetapkan, sebab untuk pengelolaan anggaran APBN sudah berdasarkan SOP," katanya.

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Riau, Tri Budhianto menyebutkan, capaian kinerja penyerapan APBN di wilayah Provinsi Riau tahun 2018 sebesar Rp2,612 triliun atau baru 31,6 persen dari alokasi anggaran Rp8,32 triliun.

"Kondisi penyerapan anggaran tahun 2018 secara umum turun jika dibandingkan dengan tahun 2017 yang mencapai 38,6 persen pada periode yang sama," kata Tri Budhianto

Kondisi penyerapan anggaran di Provinsi Riau sampai dengan semester I tahun 2018 secara rinci adalah untuk Belanja Pegawai sebesar Rp1.31 Triliun (47,02 persen), belanja barang sebesar Rp1,02 Triliun (29,03 persen), belanja modal sebesar Rp295,95 Miliar (14,76 persen) dan belanja bantuan sosial sebesar Rp542 Juta (3,48 persen).

Sementara itu Kementerian Negara/ Lembaga (K/L) dengan Kinerja Pengelolaan ABPBN Terbaik Lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Riau Semester I tahun 2018 untuk kategori Kementerian Negara/ Lembaga dengan Kinerja Pengelolaan APBN Terbaik Kategori K/L Besar (Pengelola lebih dari 10 DIPA), diperoleh Kepolisian Negera Republik Indonesia terbaik I, Kementerian Agama (terbaik II), Kementerian Perhubungan (terbaik III).

Kategori Kementerian Negara/ Lembaga dengan Kinerja Pengelolaan APBN Terbaik Kategori K/L Menengah (Pengelola 2 - 10 DIPA), diberikan kepada Kementerian Pertahanan (terbaik I), Kementerian Kesehatan terbaik II dan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi terbaik III.

Kategori Kementerian Negara/Lembaga (K/L) dengan Kinerja Pengelolaan APBN Terbaik Kategori K/L Kecil (Pengelola 1 DIPA), diberikan kepada Lembaga Penyiaran Publik Televisi RI (terbaik I), Badan Kepegawaian Negara (terbaik II), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (terbaik III). ***3***.F011