349 Qori - Qoriah Ikut MTQ ke-10 di Meranti

id 349, qori -, qoriah ikut, mtq ke-10, di meranti

 349 Qori - Qoriah Ikut MTQ ke-10 di Meranti

Pekanbaru (Antarariau.com) - Sebanyak 349 orang Qori-Qoriah mengikuti lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-10 tingkat Kabupaten se-Meranti, Riau 2018.

"Mereka utusan sembilan Kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, " kata Bupati Kepulauan Meranti, Irwan pada pembukaan MTQ ke-10 tingkat Kepulauan Meranti di Desa Semukut Kecamatan Pulau Merbau, Senin malam, di Selatpanjang, Selasa.

Pembukaan MTQ Kabupaten Meranti ke-10 Tahun 2018, diawali dengan pengibaran Bendera MTQ dan Hymne, penyerahan piala bergilir oleh Bupati kepada Ketua Panitia untuk diperebutkan, terakhir pemukulan beduk sebagai tanda dibukanya secara resmi loma baca, tulis dan hafal Al-Quran oleh Bupati Meranti didampingi Forkopinda dan Tokoh masyarakat.

Irwan menjelaskan MTQ ke-10 tingkat Kepulauan Meranti ini direncanakan 23 hingga 27 Juli 2018.

Adapun cabang-cabang diperlombakan adalah Tilawah anak-anak, Remaja, Cabang Tilawah, Tartil Quran, Qiraah Sabah, Hifdzil Quran, Tafsir Quran, Khattil Quran, Fahmil Quran, Syahril Quran dan Sabaqah Menulis Isi Al-Quran (M2IQ).

Masing-masing cabang tersebut dibagi dalam kategori anak, remaja, dewasa, cacat netra.

Bupati Kepulauan Meranti berharap acara ini dapat menghasilkanq qori-qoriah terbaik yang mampu mengharumkan nama daerah hingga ke tingkat nasional.

Ketua Panitia MTQ Jonizar, mengatakan kegiatan tersebut dapat meningkatkan silahturahmi, ukuah Islamiah antar sesama umat Islam sekaligus sarana membaca, memahami dan mengamalkan wahyu Illahi itu dalam kehidupan sehari-hari.

Hal itu menurutnya sesuai dengan tujuan pelaksanaan MTQ yakni meningkatkan kemampuan membaca, menghafal dan memahami serta mengamalkan isi kandungan Al-Quran.

"Meningkatkan kualitas hidup generasi muda sehingga termotivasi untuk membaca, memahami dan mengamalkan, dan tak kalah penting sebagai ajang seleksi menjaring Qori dan Qoriah terbaik Meranti mewakili untuk mengikuti ajang yang lebih besar," pungkasnya.

Gubernur Riau yang diwakili Asisten I Sekdaprov Riau Ahmadsyah Harofie mengucapkan terima kasih kepada qori-qoriah Meranti yang telah memberikan andil dan peran jadi Wakil Riau pada ajang MTQ nasional yang akan digelar di Provinsi Sumatera Utara.

"Terimakasih kepada Meranti yang qori-qriahnya telah memberikan andil besar pada MTQ Tingkat Nasional dengan keluar sebagai juara," tambahnya.