Tanpa Protes, Syamsuar-Edy Nasution Raih Suara Terbanyak Pilkada Riau

id tanpa protes, syamsuar-edy nasution, raih suara, terbanyak pilkada riau

Tanpa Protes, Syamsuar-Edy Nasution Raih Suara Terbanyak Pilkada Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Riau mengesahkan kemenangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur setempat periode 2018-2024 Syamsuar - Edy Natar Nasution melalui rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Ahad di Pekanbaru.

"Paslon Syamsuar - Edy Natar Nasution berhasil memperoleh suara tertinggi sebanyak 799.289 suara atau 38,20 persen dari total 2.092.526 suara sah pada Pilgub 2018," kata Ketua KPU Riau Nurhamin usai pleno rekapitulasi perolehan suara Pilgub 2018 di Pekanbaru, Minggu.

Nurhamin menyebutkan proses tahapan pleno penetapan rekapitulasi perolehan suara berjalan dengan naik, dan dihadiri oleh semua saksi Paslon.

"Walaupun ada pernak-pernik catatan dari Bawaslu terkait masih tingginya jumlah surat suara yang salah coblos, C6 yang tidak tersampaikan dan sebagainya saya kira itu bahagian dari masukan untuk memperbaiki kinerja KPU kedepan, " kata Nurhamin.

Namun demikian sebut dia yang terpenting dari proses tahapan Pilgub 2018 di Riau adalah munculnya era baru pendewasaan diri dalam berdemokrasi, dimana dibuktikan dari legowonya semua Paslon yang ikut sebagai kontestan yakni nomor urut 2, Lukman Edi- Hardianto, nomor urut 3, Firdaus -Rusli Effendi dan nomor 4, Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno atas kemenangan rakyat tersebut.

Semua paslon menandatangani dan sestiap sesi dari pembacaan rekap kabupaten/kota diterima tanpa protes, ini kami anggap keberhasilan bersama dari semua pihak.

Sehingga apa yang dimotokan sejak awal oleh KPU yakni " berpantun" yaitu bersih, partisipasipatif, adil dan santun

dengan besaran Kami berharap ini sebuah model demokrasi lokal yanh kita ciptakan bersama. Saya semua Paslon mengakui bahwa pemilihan ini adalah demokrasi yang fair sehingga jadi kebanggan kita di Riau, " ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Nurhamin juga tidak lupa mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses Pilgub sedari awal hingga kini, khususnya buat Kepolisian, Forkompinda, Pemprov, dan sebagainya.

Data KPU mencatat perolehan suara urutan kedua terbanyak diraih Paslon no 4, Arsyadjuliandi - Suyatno dengan 507.187 kemudian disusul no 3, Firdaus -Rusli Effendi dengan perolehan 416.248 dan paling buncit nomor urut 2, Lukman Edi - Hardianto 369.802.