Syamsuar-Edy Nasution Menang pada 7 Kecamatan di Dumai, Segini Perolehan Suaranya

id syamsuar-edy nasution, menang pada, 7 kecamatan, di dumai, segini perolehan suaranya

Syamsuar-Edy Nasution Menang pada 7 Kecamatan di Dumai, Segini Perolehan Suaranya

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Pasangan calon Gubernur Riau Syamsuar-Edy Natar memenangi pemungutan suara di tujuh kecamatan Kota Dumai berdasarkan pleno KPU dengan perolehan 41.135 suara sah atau 24 persen dari 171.394 pemilih tetap.

Dalam pleno rekap hasil pemungutan suara tingkat KPU Dumai, Syamsuar-Edy unggul dari tiga kandidat lain, yaitu di Kecamatan Bukit Kapur 5.234 suara, Dumai Barat 6.485, Dumai Kota 5.951 dan Dumai Selatan 8.470 suara sah.

Kandidat gubernur diusung koalisi PKS PAN dan Nasdem ini juga menang di tiga kecamatan lain, yaitu, Kecamatan Dumai Timur meraih 8.632 suara, Medang Kampai 2.033 dan Sungai Sembilan 4.339 suara sah.

"Secara umum pelaksanaan pemungutan suara berlangsung lancar berkat dukungan dan kerjasama melibatkan semua pihak," kata Ketua KPU Dumai Darwis, Rabu.

Perolehan suara Pilgub Riau tiga calon lain, yaitu pasangan Lukman Edy-Hardianto nomor urut 2 dengan 14.849 suara sah, Firdaus-Rusli Effendi 16.149 dan Arsyadjuliandi-Suyatno 19.704 suara sah.

Darwis mengakui pelaksanaan pemungutan suara Pilgub Riau di Dumai diwarnai pemungutan suara ulang di satu TPS karena ada penyelenggara kurang teliti terhadap pemilih.

Penyelenggara tetap melaksanakan pemungutan suara ulang sesuai rekomendasi dari Panwas, dan tidak ada pihak yang dirugikan karena ada tiga pemilih mencoblos bukan di TPS terdaftar sebagai pemilih tetap.

"KPU berupaya agar penyelenggara di semua tingkatan lebih teliti dan tahapan Pilgub Riau berjalan baik dan lancar," sebutnya.

Pencoblosan ulang digelar KPU Dumai di satu tempat pemungutan suara, yaitu TPS 13 Kelurahan Bukit Batrem Kecamatan Dumai Timur karena diusulkan panitia pengawas setempat.

Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kota Dumai untuk Pilgub Riau 2018 ditetapkan mencapai 171.394 orang, tersebar di 33 kelurahan, tujuh kecamatan dengan 515 tempat pemungutan suara.

Pleno rekap hasil pemungutan suara Pemilihan Gubernur Riau 2018 tingkat Kota Dumai digelar KPU berlangsung di Gedung Daerah Pendopo Sri Bunga Tanjung dengan dikawal puluhan aparat kepolisian.

Sebelumnya, KPU sudah merampungkan pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara pemilihan gubernur Riau 2018 di tingkat tujuh panitia pemungutan kecamatan.

Pleno kecamatan berlangsung sejak Jumat (28/6) dan berakhir Minggu (1/7), dan berjalan lancar tanpa kendala, yaitu PPK Medang Kampai, Sungai Sembilan, Bukit Kapur, Dumai Selatan, Dumai Barat, Dumai Kota dan Dumai Timur.***