Sidak Sejumlah Warung, Disdagperin Siak Temukan Makanan dan Minuman Tidak Layak Konsumsi

id sidak sejumlah, warung disdagperin, siak temukan, makanan dan, minuman tidak, layak konsumsi

Sidak Sejumlah Warung, Disdagperin Siak Temukan Makanan dan Minuman Tidak Layak Konsumsi

Siak, (Antarariau.com) - Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Siak menemukan sejumlah makanan dan minuman sudah tidak layak konsumsi saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa warung di wilayah setempat.

"Ada sejumlah makanan dan minuman yang sudah tidak layak konsumsi di sejumlah toko tetapi masih juga di pajang, seperti sosis yang sudah bercacing karena kemasan bocor dan basah dan juga beberapa minuman yang sudah kedaluwarsa," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Siak, Wan Ibrahim di Siak, Jumat.

Dia katakan, kegiatan Sidak itu dilangsungkan kemarin (24/5) ke beberapa toko dan ritel modern yang ada di kecamatan Siak, Kabupaten Siak, sekaligus operasi pasar ke pasar tradisional untuk pengecekan ketersediaan dan harga bahan pokok.

"Untuk sosis yang bercacing itu sudah langsung kami tarik, begitu juga minuman kedaluwarsa. Kebetulan saat kami Sidak distributornya juga berada di tempat, langsung kami minta mereka menarik semua minuman yang sudah lewat tenggang waktunya," ungkap dia.

Dia katakan, Disdagprin juga minta penjual dan distributor untuk tidak lagi memajang makanan- minuman yang masa kedaluwarsanya habis bulan Juni.

"Ada beberapa makanan-minuman yang masa kedaluwarsa-nya habis bulan Juni depan masih dipajang, itu kami minta untuk segera ditarik. Rata-rata barang temuan memang akan di return ulang," sebutnya.

Atas temuan tersebut, Wan Ibrahim mengimbau pemilik toko dan pedagang agar tidak menjual makanan yang tidak layak dikonsumsi tersebut.

"Bagi toko dan pedagang yang masih juga menjual makanan dan minuman yang tidak layak tersebut, jika ada ditemukan lagi akan kita laporkan ke pihak berwajib," tegasnya.

***3***