Tim PORA Siak Sidak TKA 3 Perusahaan, Ini Hasil Pendataannya

id tim pora, siak sidak, tka 3, perusahaan ini, hasil pendataannya

Tim PORA Siak Sidak TKA 3 Perusahaan, Ini Hasil Pendataannya

Siak, (Antarariau.com) - Tim pengawasan orang asing (Timpora) Kabupaten Siak, Riau melaksanakan operasi gabungan dengan mendatangi beberapa perusahaan yang beroperasi di wilayah setempat terkait keberadaan warga negara asing yang beraktivitas di daerah tersebut, Selasa.

Kepala Imigrasi Kelas II Kabupaten Siak, Sjachril menyebutkan, operasi gabungan Timpora itu merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan secara serentak di Indonesia dalam pengawasan orang asing.

"Operasi gabungan itu sifatnya lebih ke koordinasi dan pendataan warga negara asing, tetapi apabila ditemui pelanggaran maka akan ditindak sesuai aturan yang berlaku," kata Sjachril sebelum memulai operasi serentak pengawasan orang asing di Siak, Selasa.

Dia katakan, operasi serentak itu berdasarkan surat ederannya Direktur Jenderal (Dirjen). Sasarannya adalah tempat-tempat yang ada kegiatan warga negara asing untuk mencegah adanya indikasi pelanggaran keimigrasian, seperti perusahaan, pertambahan, pembangkit tenaga listrik, perhotelan, dan lainnya.

"Kedepan kami akan lebih memperketat pemantauan paspor, kartu izin tinggal terbatas (Kitas). termasuk juga dalam pembuatan paspor," sebutnya lagi.

Dalam operasi ini rombongan dibagi dalam dua tim, tim 1 yang diketuai Kasi Infokim, Robby Sastra melakukan pemeriksaan di PT Indah Kiat Pulp and Puper (IKPP), dan PT Pindo Deli yang berada di Perawang, Kecamatan Tualang.

Dalam laporan pihak PT. IKPP total TKA tetap berjumlah 134 orang, dengan rincian asal negara India 53 orang, Taiwan 38 orang, RRT 21 orang, Malaysia 18 orang, Bangladesh dua orang, Kenapa satu orang, dan Filipina 1.

Sementara TKA khusus upgrade mesin jangka waktu enam bulan berjumlah 49 orang yang berasal dari RRT 45 orang, Italia dua orang, dan Kanada dua orang.

Sedangkan di PT. Pindo Deli jumlah TKA sebanyak 40 orang dengan perincian asal negara Taiwan sevanyak 21 orang, Malaysia 13 orang, India empat orang, RRT satu orang, Singapore satu orang.

Untuk tim 2 diketuai Kasi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian, Harapan Nasution yang melakukan pemeriksaan ke PT Anugrah Sumber Makmur (Minamas Group). Disana terdapat satu WNA asal Malaysia yang menjabat sebagai Direktur, namun sedang tidak berada di tempat.

Selain itu tim juga bertemu dengan empat orang Warga Negara Asing (WNA) yang sedang melakukan kunjungan kerja ke perusahaan itu. Ke-empatnya memiliki Paspor dan Kitas yang diterbitkan Imigrasi Siak, Pekanbaru dan Balikpapan.

Pantauan Antara di lapangan, dalam operasi gabungan itu tidak ditemui adanya pelanggaran, namun pihak imigrasi mengingatkan kepada perusahaan untuk lebih proaktif melaporkan keberadaan orang asing.

Timpora tersebut terdiri dari pihak Imigrasi, intelijen dari kepolisian dan TNI, Kejaksaan Negeri Siak, Kesbangpol Setdakab Siak, dan sejumlah media.

***2***